Saya mau bertanya. apakah yang pertama ada, ruang atau waktu? mohon bantuannya

Posted on

Saya mau bertanya. apakah yang pertama ada, ruang atau waktu?
mohon bantuannya

Penjelasan:

kalo kita mencari tw, apa itu waktu dan bagaimana waktu bekerja, kita akan mendapatkan pemahaman bahwa waktu itu tercipta karna adanya pergerakan dalam ruang. Waktu yang kita gunakan, detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun dan seterusnya berpacu pada rotasi bumi dan revolusi bumi terhadap matahari. Lalu kita berpikir, lho kalau begitu ruang dulu yang diciptakan gusti Allah karna pada kenyataannya waktu berjalan mengikuti ruang, ini adalah teori pertama kita.

Teori di atas memang masuk akal untuk kita cerna sebagai manusia, tetapi teori di atas bisa dikatakan terlalu rasional, sementara alam semesta bisa dibilang sesuatu yang irasional, masih banyak misteri yang tidak kita ketahui sebagai manusia.

Lalu apabila ruang tercipta terlebih dahulu dan waktu tercipta karna adanya ruang, apakah proses terciptanya seluruh kehidupan di alam semesta ini tidak memiliki urutan-urutan atau tahapan-tahapan? Padahal dalam Al-Quran Surat Hud ayat 7 Allah Ta’ala berfirman bahwa langit dan bumi tercipta dalam 6 masa.

Dari situ bisa kita simpulkan bahwa saat ruang (langit dan bumi) diciptakan, waktu sudah berjalan dan secara tidak langsung kita berasumsi bahwa waktu sudah ada lebih dulu daripada ruang, ini merupakan teori kedua kita.

moga membantu