Air tanah akan kembali keluar ke permukaan tanah melalui

Posted on

Air tanah akan kembali keluar ke permukaan tanah melalui

Monday, 14 March 2016

Mengenal Air Tanah dan Proses Siklus Air

GeolistrikLombok.blogspot.co.id

(sumber gambar : nationalgeographic.co.id)

Air adalah merupakan kebutuhan pokok manusia, kita masih bisa hidup beberapa hari tanpa makan, tetapi jika 2 hari saja tidak meminum air, besar kemungkinan kita akan mati karena dehidrasi. Sumber air yang kita minum umumnya berasal dari dalam tanah, yang kita ambil dengan berbagai cara, misalnya menimba, memompa dan sebagainya. Tetapi apakah kita sudah tahu dan memahami bagaimana dan apakah air tanah itu serta proses siklus air dan juga mutu air tanah dan juga

manfaat dari air tanah? berikut dibawah ini sedikit gambaran untuk lebih mengenal lagi tentang air tanah.

Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah. Air tanah merupakan salah satu sumber daya air yang keberadaannya terbatas dan kerusakannya dapat mengakibatkan dampak yang luas serta pemulihannya sulit dilakukan.

(http://id.wikipedia.org/wiki/Air_Tanah)

Air tanah merupakan kandungan air di dalam tanah baik berupa air tanah dangkal maupun air tanah dalam. bidang studi geografi yang mempelajarinya disebut geohidrologi.

Menurut Herlambang (1996:5) air tanah adalah air yang bergerak di dalam tanah yang terdapat didalam ruang antar butir-butir tanah yang meresap ke dalam tanah dan bergabung membentuk lapisan tanah yang disebut akifer. Lapisan yang mudah dilalui oleh air tanah disebut lapisan permeable, seperti lapisan yang terdapat pada pasir atau kerikil, sedangkan lapisan yang sulit dilalui air tanah disebut lapisan impermeable, seperti lapisan lempung atau geluh. Lapisan yang dapat menangkap dan meloloskan air disebut akuifer.

(http://iwankgeografi03.blogspot.com/2009/020air-tanah.html )

Menurut Budhikuswansusilo, air tanah (Groundwater) adalah nama untuk menggambarkan air yang tersimpan di bawah tanah dalam batuan yang permeabel. Periode penyimpanannya dapat berbeda waktunya bergantung dari kondisi geologinya (beberapa minggu – tahun). Pergerakan air tanah dapat muncul ke permukaan, dengan manifestasinya sebagai mata air (spring) atau sungai (river).

(http://budhikuswansusilo.wordpress.com/2008/05/09/dinamic-geology-groundwater-air-tanah/ )