Macam-Macam dan arti tehnik vocal?

Posted on

Macam-Macam dan arti tehnik vocal?

Teknik Vokal adalah cara memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring.

Macam-macam Teknik Vocal dibagi menjadi 5 :
1. intonasi
2. artikulasi
3. reonasi
4. pernapasan
5. pembawaan

Macam Macam Teknik Vokal

Teknik Vocal

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa Macam-macam Teknik Vocal bisa dibagi menjadi 5 bagian, dari intonasi, artikulasi,reonasi,pernapasan dan pembawaan, dari kelima bagian itu, yuk kita kupas satu persatu, langsung saja berikut keterangannya;

1. Intonasi

Intonasi merupakan salah satu latihan dasar yang penting bagi seorang penyanyi karena tanpa pembenahan intonasi (ketepatan bunyi tiap nada), suara yang dihasilkan menjadi sumbang dan tidak merdu.

2. Artikulasi

Artikulasi adalah cara mengucapkan kata-kata dalam menyanyi agar pesan lagu dapat dimengerti
dan dipahami pendengar. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan artikulasi yang baik, antara lain sikap badan yang tegap, posisi mulut yang benar, latihan vokalisis, pembentukan bunyi vokal, dan pembentukan bunyi konsonan.

3. Pernapasan

Pernapasan adalah keluar masuknya udara melalui paru-paru. Udara yang digunakan saat menyanyi lebih banyak dibandingkan persediaan untuk bernapas sehari-hari. Oleh karena itu, usahakan mengisi paru-paru sebanyak mungkin waktu menyanyi. Teknik pernapasan dalam menyanyi dibagi menjadi tiga macam, yaitu teknik pernapasan dada, perut, dan diafragma.

Mohon maaf bila salah
Dan Semoga Membantu