Contoh brita tajuk rencana,karikatural,pojok,artikel,kolom dan surat pembaca.​

Posted on

Contoh brita tajuk rencana,karikatural,pojok,artikel,kolom dan surat pembaca.​

Jawaban:

TAJUK RENCANA

Bersama Menyatukan Gerak Jawa Tengah

Jumat, 16 Agustus 2019 | 00:12 WIB

Penulis:

SuaraMerdeka.com

Provinsi Jawa Tengah yang memasuki usia 69 tahun memiliki pekerjaan rumah tidak ringan. Masyarakat menaruh harapan besar terhadap para pengambil kebijakan untuk bisa mengurangi angka kemiskinan, memperluas akses lapangan kerja, dan menyinergikan daerah di 35 kabupaten/kota. Paling tidak sinergitas daerah yang terdiri dari enam wilayah (Semarang, Solo, Banyumas, Kedu, Muria, dan Pantura) bisa terjalin lebih erat menjadi tali temali untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat.

Kita memberikan penghargaan capaian prestasi di berbagai sektor mengalami kemajuan yang bisa dinikmati langsung oleh masyarakat. Persoalan infrastruktur dengan tersambung tol Trans Jawa membuka akses luas untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat. Setidaknya layanan transportasi menuju provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta menjadi lebih efisien waktu. Pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko dilanjutkan Ganjar Pranowo-Taj Yasin juga memberi perhatian besar di dunia pendidikan.

Demikian pula sektor UMKM yang terwadahi dalam berbagai komunitas, serta difasilitasi untuk mengikuti pameran lokal, nasional, bahkan diikutkan dalam ajang internasional. Sektor industri kreatif mendapat tempat dengan hadirnya sejumlah komunitas, gelaran festival, lomba dan pameran. Terutama menyadarkan perubahan pola pikir masyarakat dari hobi menjadi bisnis menguntungkan. Ini menunjukkan Gubernur Jateng memiliki kepedulian terhadap perkembangan dan tuntutan teknologi digital.

Melihat angka kemiskinan dari data Badan Pusat Statistik Jateng padap Maret 2019, penduduk miskin di Jateng mencapai 3,74 juta orang atau berkurang 124,2 ribu orang dibandingkan September 2018. Dengan kata lain, total penduduk miskin mencapai 10,80 persen atau menurun dibandingkan sebelumnya yakni 11,19 persen dari total penduduk Jateng 34,4 juta. Artinya jumlah itu lebih tinggi dibandingkan persentase nasional 9,41 persen. Perlu kerja keras dan simultan untuk terus mengurangi kemiskinan.

Pemprov telah merencanakan pembangunan empat kawasan industri baru untuk mendongkrak investasi sekalisgus membuka akses lapangan kerja. Setidaknya awal tahun ini telah ada komitmen membangun kawasan industri di Brebes, Rembang, Kebumen, dan Cilacap. Guna merealisasikannya, eksekutif memerlukan dukungan dari legislatif, terutama Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah. Perda tersebut didesain dengan kepekaan dan keberpihakan terhadap pembukaan investasi.

Ngrumat bebarengan, merawat bersama-sama berbagai potensi lintas sektor. Termasuk mengeluarkan program membumi seperti memikirkan para pengusaha telor asin di Brebes setelah tol Trans Jawa tersambung. Industri kopi hingga kini juga belum ada kopi yang menjadi identitas Jawa Tengah seperti halnya Gayo dari Aceh, Toraja dari Sulawesi, atau Kintamani dari Bali. Warga Jateng kiranya perlu bergerak bersama untuk membumikan provinsi sebagai langkah kabupaten/kota.