Tuliskan prinsip prinsip dalam praktek kerajinan wilayah Kerja

Posted on

Tuliskan prinsip prinsip dalam praktek kerajinan wilayah Kerja

Jawaban:1. Pengelolaan sumber daya usaha

Pada materi sebelumnya kita telah mempelajari tentang pengelolaan sumber daya usaha yang meliputi enam tipe sumber daya usaha yang dikenal dengan 6M (Man, Money, Material, Machine, Method, dan Market).

Berdasarkan konsep enam tipe sumber daya itu, kita diharpkan bisa menganalisis dengan menggunakan buku referensi ataupun melalui media informasi atau internet tentang pengelolaan sumber daya usaha pada produk kerajinan dari bahan keras yang ada di wilayah nusantara.

2. Menentukan fungsi dan kualitas produk kerajinan

Kualitas karya kerajinan ditentukan oleh kualitas bahan, teknik pengerjaan, desain dan nilai fungsinya. Pemilihan bahan sangat penting karena bahan mempunyai kekuatan, bentuk yang bervariasi, tekstur, serat, pori-pori, yang semua tersebut bisa dimanfaatkan untuk menunjang kulaitas bentuk dan estetik karya kerajinan.

Teknik penciptaan yang baik bisa menentukan kesempurnaan bentuk karya. Sedangkan, aspek fungsi bisa menambah kenyamanan dan keamanan penggunaan produk kerajinan (erognomis).

Nilai estetik karya kerajinan bisa menambah kepuasan rasa indah bagi sang pemilik atau pemakai. Kerajinan memiliki fungsi ganda selain fungsi praktis atau kegunaannya sekaligus fungsi estetik atau keindahannya.

3. Menentukan segmentasi pasar

Secara ekonomi kerajinan cukup menjanjikan dan memiliki peluang pasar yang menggembirakan. Apalagi ditunjang dengan melimpahnya bahan baku, tenaga kerja yang relatif murah dibanding negara lain, sehingga bisa menekan biaya produksi.

Penambahan ragam hias dan warna yang beraneka ragam menambah nilai estetik dan juga sekaligus dapat meningkatkan nilai eknomi produk itu. Sentuhan estetik pada produk kerajinan amat diperlukan untuk mengangkat citra kerajinan. Untuk menentukan produk kerajinan mesti memperhatikan selera pasar.

4. Menentukan bahan atau material produksi kerajinan

Pemilihan bahan atau material dalam pembuatan karya kerajinan amat penting, karena material akan mendukung nilai bentuk, kenyamanan terutama dalam menggunakan benda terapan dan juga akan mempengaruhi kualitas dari barang itu.

5. Menentukan teknik produksi

Beberapa jenis kerajinan mempunyai alat dan keterampilan khusus untuk mewujudkannya. Teknik produksi kerajinan disesuaikan dengan bahan, alat dan cara yang digunakan. Dalam pelaksanaan pembuatan produk-produk kerajinan yang menggunakan bahan keras alami bisa dilakukan dengan:

a. Teknik pahat

b. Teknik ukir

c. Teknik konstruksi atau sambungan

d. Teknik raut

e. Teknik bubut dan sebagainya

Sedangkan, teknik yang digunakan dalam pembuatan barang-barang kerajinan dengan menggunakan bahan keras buatan bisa dilakukan dengan:

a. Teknik pahat

b. Teknik cetak

c. Teknik ukir

d. Teknik etsa dan sebagainya.

Penjelasan: