1. Peristiwa proklamasi memberikan makna terdalam bagi masyarakat Indonesia yaitu ….

Posted on

a. pembacaan naskah
b. pengibaran bendera merah putih
c. pengumuman oleh Kepala negara
d. sebagai identitas suatu bangsa baru

2. Negara pertama yang mengakui Indonesia merdeka secara de jure adalah ….

a. Belanda c. Singapura
b. Mesir d. Jepang

3. Peristiwa proklamasi bertempat di rumah ….

a. Ir. Soekarno
b. Muhammad Hatta
c. Sutan Syahrir
d. M. Yamin

Tolong dijawab ya​

1. Peristiwa proklamasi memberikan makna terdalam bagi masyarakat Indonesia yaitu ….

Jawaban Terkonfirmasi
  1. Peristiwa proklamasi sangat bermakna bagi Indonesia, peristiwa tersebut bermakna (D) sebagai identitas suatu bangsa baru.
  2. Negara pertama yang yang mengakui secara de jure adalah (B) Mesir.
  3. Di sisi lain, proklamasi kemerdekaan dilakukan di pekarangan (A) rumah Ir. Soekarno.

Pembahasan

Kemerdekaan merupakan suatu langkah baru untuk mendapatkan kebebasan berbangsa dan bernegara. Dengan adanya proklamasi kemerdekaan, suatu negara mendapatkan identitas negara yang diakui oleh negara lain. Hal ini merupakan salah satu cita-cita bangsa dalam menyejahterahkan rakyat.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia telah melewati berbagai proses yang sangat panjang. Diawali dengan banyaknya perjuangan dan peperangan rakyat Indonesia terhadap penjajah sampai dengan menjajaki titik merdekanya Indonesia. Oleh sebab itu, Indonesia berhak untuk mendapatkan kemerdekaannya.

Sebelum proklamasi kemerdekaan ini disepakati, peristiwa yang menjadi saksi adalah peristiwa Rengasdengklok. Kejadian dilarikannya Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta oleh golongan muda ini dilakukan agar terhindar dari campur tangan Jepang. Penculikan atau pengasingan tersebut tidak menimbulkan serangan fisik atau mental karena tujuan dari hal ini adalah hanya untuk mengamankan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta.

Dengan kesepakatan bersama, kedua tokoh tersebut dikembalikan ke Jakarta untuk menyusun teks proklamasi bersama Ahmad Soebardjo. Proklamasi kemerdekaan Indonesia kemudian berlangsung hari berikutnya, yaitu pada 17 Agustus 1945. Pekarangan rumah Ir. Soekarno menjadi letak dan saksi dari pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia secara de jure untuk pertama kalinya adalah negara Mesir. Pengakuan tersebut dicatat oleh sejarah pada 10 Juni 1947. Negara tersebut kemudian mengajak negara lain untuk mengakui kemerdekaan Indonesia. Selain Mesir, berbagai negara di dunia juga mengakui kemerdekaan Indonesia untuk terlepas dari genggaman penjajah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Arab Saudi
  • Suriah
  • Lebanon
  • Yaman
  • Vatikan

Pengakuan secara de jure yang dimaksud adalah sebuah kesaksian, legalisasi, dan penerimaan yang dinyatakan secara sah oleh negara lain berdasar pada ketentuan dan persyaratan internasional yang berlaku. Di sisi lain, pengakuan secara de facto adalah sebuah kesaksian, legalisasi, dan penerimaan yang dinyatakan secara sah oleh negara lain berdasar pada pemenuhan syarat-syarat sebagai suatu negara (wilayah, penduduk, dan pemerintahan).

Pelajari lebih lanjut

  1. Proses penyusunan teks proklamasi brainly.co.id/tugas/39408186
  2. Sejarah disusunnya teks proklamasi brainly.co.id/tugas/38504673
  3. Hasil kesepakatan dalam peristiwa Rengasdengklok brainly.co.id/tugas/38497008

———————————-

Detail Jawaban

Kelas: 11

Pelajaran: Sejarah

Bab: 5

Kode: 11.3.5

#AyoBelajar

Jawaban:

1.D

2.B

3.A

Penjelasan:

maaf kalu salah