Salah satu contoh fenomena kependudukan dinegara yang piramida penduduknya berbentuk keruncut adalah

Posted on

Salah satu contoh fenomena kependudukan dinegara yang piramida penduduknya berbentuk keruncut adalah

Salah satu contoh fenomena kependudukan di negara yang piramida penduduknya berbentuk kerucut adalah angka kelahiran yang tinggi.

PEMBAHASAN

  Piramida penduduk adalah suatu diagram yang memberikan informasi berupa jumlah penduduk laki-laki dan perempuan yang diklasifikasikan dengan rentang usia tertentu. Bentuk diagram yang menyajikan piramida penduduk ialah diagram batang melintang.

Piramida penduduk terbagi menjadi 3, yaitu:

  1.  Piramida ekspansif (piramida penduduk muda): bentuk piramida ini ialah kerucut atau segitiga. Bentuk tersebut menunjukkan bahwa jumlah penduduk muda lebih banyak dibanding dengan jumlah penduduk lansia.
  2.  Piramida stasioner (piramida penduduk dewasa): bentuk piramida ini mirip seperti segi empat. Bentuk tersebut menunjukkan bahwa baik jumlah penduduk muda maupun jumlah penduduk lansia hampir sama.
  3.  Piramida konstruktif (piramida penduduk lansia): bentuk piramida ini mirip seperti batu nisan. Bentuk tersebut menunjukkan bahwa jumlah penduduk lansia lebih banyak dari jumlah penduduk muda.

Piramida penduduk ekspansif

  Negara-negara dengan piramida penduduknya adalah piramida penduduk ekspansif memiliki ciri-ciri seperti:

  • Angka kelahiran sangat tinggi: angka kelahiran sangat tinggi pada piramida penduduk ekspansif dapat diketahui dari jumlah penduduk muda yang sangat banyak.
  • Tingginya angka kematian penduduk lansia: bersamaan dengan angka kelahiran yang tinggi, negara dengan piramida penduduk ekspansif juga memiliki angka kematian penduduk lansia yang tinggi.
  • Pada umumnya termasuk dalam negara-negara berkembang: negara-negara dengan piramida penduduk ekspansif banyak terdapat di negara-negara berkembang, misalnya negara Indonesia.
  • Sebagian besar penduduk adalah penduduk usia muda: dengan tingginya angka kelahiran, maka jumlah penduduk terbanyak adalah penduduk usia muda.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Piramida penduduk konstruktif:

_______________

DETAIL JAWABAN

bold {Mapel::} Geografi

bold {Kelas::} 11

bold {Materi::} Dinamika kependudukan Indonesia

bold {Kode:Kategorisasi::} 11.8.5

bold {Kata:Kunci::} Piramida penduduk ekspansif, piramida penduduk muda, piramida penduduk

Gambar Jawaban