Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat!​

Posted on

Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat!​

Alasan ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat adalah karena pengaruh globalisasi terus berjalan membawa masuk berbagai macam ideologi ke dalam negeri.

Pembahasan :

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Dalam pengimplementasian nilai-nilainya tidak bisa aman dari berbagai ancaman. Ancaman adalah segala sesuatu yang dinilai membahayakan bagi keutuhan negara dan ketentraman masyarakat.

Ancaman terdiri dari dua jenis, yaitu :

  • Ancaman militer : menggunakan kekuatan bersenjata untuk menimbulkan efek takut pada masyarakat
  • Ancaman non militer : tidak menggunakan senjata, namun tetap dapat membahayakan

Salah satu contoh dari ancaman non militer adalah di bidang Ideologi. Contoh kasus di bidang Ideologi yaitu, masuknya paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila yaitu Komunisme dan Liberalisme. Ancaman di bidang Ideologi tidak akan berhenti karena pengaruh arus globalisasi. Oleh karena itu, kita perlu menyaring budaya yang masuk ke dalam negeri, mengambil hal yang positif dan menjauhi hal yang negatif.

Pelajari Lebih Lanjut :

1) Wawasan Nusantara, Trigatra, dan Pancagatra

2) Faktor Pembentuk Integrasi Nasional

3) Faktor Penghambat Integrasi Nasional

4) Upaya Untuk Mengatasi Ancaman Dalam Negeri

5) Pengertian Ancaman dan Jenisnya

Detail Jawaban :

  • Kelas : 11
  • Mapel : PPKn
  • Materi : Menatap Tantangan Integrasi Nasional
  • Kode Kategorisasi : 11.9.7
  • Kata Kunci : Ancaman, Pancasila