Apa saja fungsi jaringan tulang?

Posted on

Apa saja fungsi jaringan tulang?

Jawaban:

Beikut adalah Fungsi Jaringan Tulang

Penjelasan:

Sebagai Pendukung

Fungsi Jaringan tulang yakni sebagai pendukung serta memberikan lampiran pada sebagian besar otot pada rangka manusia maupun hewan.

Memberi Perlindungan

Fungsi jaringan tulang yang mana dapat membentuk rangka tubuh dan juga memberikan perlindungan mekanis pada organ tubuh lainnya, dan dengan adanya jaringan tulang yang semacam ini dapat mengurangi risiko cedera.

Membantu Dalam Bergerak

Rangka yang melekat di jaringan tulang akan berkontraksi yang mana dengan adanya hal itu dapat memudahkan manusia dalam bergerak.

Menyimpan Mineral

Jaringan tulang dapat menyimpan mineral, termasuk kalsium “Ca” & fosfor “P”. Selanjutnya jaringan tulang ini melepaskan mineral ke dalam darah dan dengan begitu akan terjadinya keseimbangan mineral dalam tubuh.

Memproduksi Sel-Sel Darah Merah

Dalam hal ini proses produksi sel darah merah akan berlangsung di sumsum tulang merah pada beberapa tulang yang memiliki ukuran lebih besar.

Menyimpan Energi Kimia

Seiring dengan bertambahnya usia, tentunya akan terjadi perubahan sumsum tulang dari sumsum tulang merah akan menjadi sumsum tulang kuning. Adapun sumsum tulang kuning terdiri atas sel-sel adiposa & sedikit sel-sel darah. Jadi disinilah tempat penyimpanan cadangan energi kimia yang penting bagi manusia.