.10. Berapa yang harus dikeluarkan sebagai zakat mal jika sapi telah mencapai 80 s.d. 89?

Posted on

Jawab____________

11. Berapa yang harus dikeluarkan sebagai zakat mal jika kambing telah mencapai 201 s.d.
399?_____________​​

.10. Berapa yang harus dikeluarkan sebagai zakat mal jika sapi telah mencapai 80 s.d. 89?

Zakat menurut bahasa berarti penyucian , pertambahan. Dalam ajaran Islam, zakat adalah mengeluarkan sebagian harta kepada yang berhak menerimanya apabila sudah mencapai nisab. Nisab adalah kadar atau ukuran dari harta benda yang dizakati. zakat bertujuan untuk membersihkan harta benda yang kita miliki. Tujuannya agar mendapat berkah dari Yang Maha Memberi Rezeki, yaitu Allah Swt. Di dalam setiap harta yang kita miliki agar bermanfaat dan berkah harus dikeluarkan zakatnya. Allah Swt. berfirman dalam Surat at -Taubah Ayat 103.

خُذۡ مِنۡ اَمۡوَالِهِمۡ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمۡ وَتُزَكِّيۡهِمۡ بِهَا وَصَلِّ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمۡ‌ؕ وَاللّٰهُ سَمِيۡعٌ عَلِيۡمٌ‏

Artinya :

Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui. " ( Q.S at – Taubah/9 :103 )

Pembahasan

Arti zakat mal adalah harta benda, yakni zakat yang dikeluarkan karena memiliki harta yang wajib dizakati. Harta yang wajib dizakati adalah harta yang mengalami pertambahan setiap tahunnya. Artinya, harta tersebut setiap tahun bertambah sehingga mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya.

Adapun jenis – jenis harta yang wajib dizakati adalah binatang ternak, emas dan perak, hasil pertanian , hasil perdagaan,dan rikaz atau barang temuan.

1. Binatang Ternak

Jenis binatang ternak yang wajib dizakati, antara lain unta, sapi/kerbau, serta kambing atau domba atau biri – biri. Binatang – binatang tersebut wajib dizakati apabila sudah mencapai nisab. Nisab binatang ternak yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah sebagai berikut.

▪︎ Unta

– nisabnya = 5 ekor

– zakat = 1 ekor kambing umur 2 tahun lebih

▪︎ Sapi/kerbau

– nisabnya = 30 ekor

– zakat = 1 ekor sapi/kerbau umur 2 tahun lebih

▪︎ Kambing

– nisabnya = 40 ekor

– zakat = 1 ekor kambing umur 2 tahun lebih

2. Emas dan Perak

Emas dan perak termasuk harta yang wajib dikeluarkan zakat. Zakat tersebut dikeluarkan apabila emas dan perak tersebut sudah mencapai nisab dan sudah disimpan selama satu tahun. Nisab emas adaalah 94 gram dan zakatnya sebanyak 2,5% – nya, sedangkan nisab perak adalah 624 gram dan zakatnya juga sebanyak 2,5% – nya.

3. Hasil pertanian

Hasil pertanian yang wajib dikeluarkan zakatnya sebagai berikut.

A. Biji – bijian yang menjadi makanan pokok masyarakat, seperti padi, jagung, dan gandum;

B. Buah – buahan, seperti anggur dan kurma. Nisab harta dari hasil pertanian adalah ketika mencapai 930 liter. Zakatnya, dibayarkan setiap panen. Jumlah zakat yang harus dikeluarkan dari hasil pertanian tergantung bagaimana cara pengairannya.

Jika sawah tersebut diairi dengan air sungai atau air hujan yang tidak mengeluarkan biaya, besar zakat yang harus dikeluarkan adalah 10 %. Akan tetapi, jika sawah diairi dengan irigasi yang memerlukan biaya, zakatnya sebanyak 5 %.

4. Hasil Perdagangan

Hasil perdagangan adalah harta yang diperoleh dari usaha perdagangan atau perniagaan, seperti berdagang kain, sembako, dan bahan material.

Nisab harta perdagangan sama dengan nisab emas dan perak. Besar zakat yang harus dikeluarkan juga sama, yakni 2,5 % . Zakat hasil perdagaan setiap tahun.

5. Rikaz atau Barang Temuan

Rikaz atau barang temuan adalah barang berharga yang ditemukan karena terpendam, seperti barangbtambang. Barang temuan wajib dikeluarkan zakat, yaitu pada saat barang tersebut ditemukan. Besar zakatnya adalah 20 %.

Pelajari lebih lanjut :

brainly.co.id/tugas/12804196 tentang orang yang berhak menerima zakat

brainly.co.id/tugas/5856162 tentang hikmah zakat

Detail Jawaban :

Kelas : 6

Mapel : Pendidikan Agama Islam

Bab : Memahami Zakat

Kode : –

Kata kunci : Zakat mal, nisab