3. Bagaimana cara menghias patung tanah liat?Jawab:​

Posted on

3. Bagaimana cara menghias patung tanah liat?Jawab:​

Jawaban Terkonfirmasi

Menghias patung dapat dilakukan dengan cara di cat. Biasanya cat yang digunakan untuk melukis patung yaitu cat poster.

Pembahasan :

Patung adalah salah datu karya seni rupa murni tiga dimensi. Seni patung biasanya identik dengan sebuah karya cipta manusia yang meniru bentuk serta memiliki keindahan atau juga estetika.

Terdapat 2 teknik perwarnaan patung yaitu :

  1. Teknik akuarel yaitu teknik dengan menggunakan sapuan secara tipis serta memakai banyak air. Selain air, bisa juga ditambahkan dengan minyak sebagai bahan pengencer. Biasanya hasil akhir dari teknik akuarel yaitu cat yang cenderung transparan.
  2. Teknik plakat yaitu suatu teknik pewarnaan dengan sapuan yang tebal. Biasanya teknik plakat tidak mengandung air atau juga hanya menambahkan sedikit saja bahan pengencer sehingga cat yang digunakan masih kental.

Beberapa jenis cat yang biasa digunakan untuk patung antara lain :

  • Cat poster yang juga biasa disebut dengan cat plakat dikarenakan sifatnya yang plakat atau juga menutup secara merata. Tekstur poster sedikit mengkilap karena terdapat unsur minyak yang merupakan bahan dasarnya. Cat ini biasanya terdiri dari warna dasar saja seperti merah, biru, kuning dan hitam serta putih.
  • Cat akrilik yang berbahan dari plastik berbasis polietilen yang akan mengeras ketika cat tersebut sudah kering. Saat digunakan pada patung, cat ini akan cepat kering sehingga ketika sudah kering akan sulit dihapus.

Pelajari lebih lanjut :

Detail jawaban :

Kelas : VII

Mapel : Seni

Bab : Seni patung

Kode : 9. 19. 2

#AyoBelajar#SPJ5