Urutan peredaran darah kecil yang benar adalah

Posted on

A.bilik kanan , paru paru , serambi kiri
B . bilik kiri, seluruh tubuh, serambi kanan
C.serambi kanan, seluruh tubuh, bilik kiri
Serambi kiri,paru paru,bilik kanan

Urutan peredaran darah kecil yang benar adalah

Jawaban:

Bila sistem peredaran darah terganggu, ada kemungkinan berbagai masalah timbul dalam tubuh. Proses ini berfungsi untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel dalam tubuh.

Dalam sistem peredaran darah, arteri membawa darah dari jantung, sementara vena membawanya kembali ke jantung.

Anatomi Jantung

Sistem perdaran darah memberi nutrisi dan oksigen ke seluruh sel dalam tubuh. Pada proses ini, jantung memiliki peran yang sangat penting. Organ luar biasa seukuran kepalan tangan ini berdetak 100.000 kali per hari untuk memompa 5-6 liter darah per menit atau sekitar 2.000 galon per hari.

Jantung terletak di bawah tulang rusuk, di sebelh kiri tulang dada, dan di antara paru-paru. Organ ini memiliki tiga lapisan jaringan, yaitu:

Epikardium: Lapisan terluar yang melindungi jantung, dan sebagian besar terbuat dari jaringan ikat.

Miokardium: Lapisan tengah yang disusun oleh otot-otot jantung, dan berkontraksi untuk memompa darah.

Endokardium: Lapisan dalam yang melapisi bagian dalam jantung, juga melindungi katup dan ruang jantung.

Seluruh lapisan tersebut dilapisi pula oleh lapisan pelindung tipis yang disebut perikardium. Berdasarkan antaominya, jantung juga terdiri dari 4 ruang, sebagai berikut:

Serambi kanan (atrium dexter): Ruang ini terletak di bagian kanan atas jantung untuk menerima darah yang mengandung CO2 atau karbondioksida dari seluruh tubuh.

Serambi kiri (atrium sinister): Ruang ini terletak di bagian kiri atas jantung untuk menerima darah yang mengandung O2 atau oksigen dari paru-paru.

Bilik kanan (ventrikel dexter): Ruang ini terletak di bagian kanan bawah jantung untuk memompa darah yang mengandung CO2 ke paru-paru.

Bilik kiri (ventrikel sinister): Ruang ini terletak di bagian kiri bawah jantung untuk memompa darah yang mengandung O2 ke seluruh tubuh.

Penjelasan: