Tolong dijawab ya mau dikumpul hari ini juga plisss

Posted on

mapel: ipa
class:X BDP

1 cara mengenali objek biotik yang dapat dilakukan dengan cara mengenali ciri-cirinya antara lain beradaptasi. Jelaskan apa yang dimaksud dengan adaptasi ! Mengapa makhluk hidup melakukan adaptasi !

2 gejala alam abiotik adalah gejala alam yang dialami oleh komponen abiotik yang meliputi seluruh makhluk tak hidup atau benda mati salah satu contohnya adalah Peristiwa munculnya Pelangi. Tuliskan dan jelaskan proses terjadinya pelangi !

3 diberikan ilustrasi seorang siswa yang mengamati proses pembakaran kayu Sebutkan wujud dan sifat materi pada proses tersebut !

4 Nyatakan perubahan materi berikut tergolong perubahan kimia atau fisika!
a.beras menjadi tepung
b.kayu menjadi kursi
C makanan basi
D susu menjadi yoghurt e.singkong menjadi tapai f.membutuhkan Pisang
G gula dalam air
h.Air menjadi es
i.perkaratan
j. lampu pijar menyala

5.unsur adalah zat yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana oleh perubahan kimia dan berbentuk padat kecuali raksa. Jelaskan mengapa raksa termasuk kedalam unsur logam padahal berwujud cair !​

Tolong dijawab ya mau dikumpul hari ini juga plisss

Jawaban:

  1. Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada.  Dalam ekosistem, organisme dalam komunitas berkembang bersama-sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem. Organisme akan beradaptasi dengan lingkungan fisik, sebaliknya organisme juga memengaruhi lingkungan fisik untuk keperluan hidup. Pengertian ini didasarkan pada Hipotesis Gaia, yaitu: “organisme, khususnya mikroorganisme, bersama-sama dengan lingkungan fisik menghasilkan suatu sistem kontrol yang menjaga keadaan di bumi cocok untuk kehidupan”. Hal ini mengarah pada kenyataan bahwa kandungan kimia atmosfer dan bumi sangat terkendali dan sangat berbeda dengan planetlain dalam tata surya.
  2. ADA LINK DOCKUMENT DI BAWAH
  3. Perubahannya
    Istilah-istilah Penting
    Campuran, Zat Tunggal (Unsur dan Senyawa),
    Karakteristik Zat, Perubahan Fisika, Perubahan Kimia,
    Pemisahan CampuranBab
    (2  )
    P
    ada Bab 2 kamu sudah mempelajari berbagai jenis benda yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari- hari. Benda-benda di sekitarmu dapat berupa wujud padat, cair, dan gas. Benda-benda tersebut kita klasifikasi berdasarkan karakteristik yang dapat diamati. Pada Bab 3 ini kamu akan belajar tetang klasifikasi materi. Materi dapat dikelompokkan menjadi unsur, senyawa, dan campuran. Pada Bab 3 ini, kamu juga akan belajar tentang pemisahan campuran, karakteristik zat serta perubahannya. Kamu akan menemukan berbagai fakta unik tentang zat dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari. Kekaguman kamu juga akan bertambah besar kepada Sang Maha Pencipta, dengan mengetahui bahwa benda-benda di sekitarmu dapat dikelompokkan menjadi kelompok yang berbeda-beda. Benda-benda tersebut juga mengalami perubahan yang khas sesuai karakteristik benda-benda tersebut. Coba pahami uraian berikut.
    Ketika memanaskan air sampai mendidih, terjadi perubahan wujud dari cair menjadi uap. Dapur adalah salah satu tempat menarik untuk mengamati perubahan zat dan bagaimana me-misahkan berbagai macam campuran. Di dapur terdapat beberapa senyawa kimia, seperti gula, garam, asam cuka, minyak goreng, sayuran dan buah-buahan serta beberapa bumbu masak. Beberapa senyawa kimia tersebut jika digunakan untuk memasak akan saling bercampur dan mengalami perubahan komposisi materi dan membentuk senyawa baru. Bahan-bahan tersebut memiliki klasifikasi yang berbeda, ada yang merupakan zat tunggal (unsur dan senyawa) dan ada juga yang sudah merupakan campuran.
  4. Penyubliman adalah peristiwa perubahan zat padat berubah menjadi gas. Dalam kehidupan sehari-hari  mudah kita jumpai, misalnya kapur barus yang menyublim menjadi gas berbau wangi. Menghablur merupakan peristiwa perubahan gas menjadi padatan, peristiwa ini sering disebut juga dengan pengkristalan. Proses di laboratorium dapat dilakukan untuk membuat kristal amonium sulfat yang berasal dari gas amonia dan belerang dioksida.Perubahan fisika adalah perubahan zat yang bersifat sementara, seperti perubahan wujud, bentuk atau ukuran. Perubahan ini tidak menghasilkan zat baru. Jika kita memanaskan es, maka es tersebut akan berubah menjadi air, selanjutnya jika kita panaskan terus maka air akan berubah menjadi uap air.
  5. Amati segelas air yang dicampur dengan pasir. Apabila zat-zat penyusunnya bercampur secara tidak merata dan campuran ini tiap-tiap bagian tidak sama susunannya maka disebut campuran heterogen. Contoh campuran heterogen yang lain adalah air kopi (bentuk cair) dan campuran tepung dengan air (bentuk padat).
  6. Amati dengan saksama segelas air sirup. Bila air sirup tersebut jernih dan bercampur merata, dapat digolongkan sebagai campuran homogen.Campuran homogen ini biasa disebut larutan. Pada larutan, tiap-tiap bagian mempunyai susunan yang sama. Jadi di dalam larutan sirup tersebut terdapat dua penyusun larutan, yakni air dan gula.Air disebut pelarut, sedangkan gula disebut zat terlarut. Contoh campuran homogen lainnya adalah minuman ringan (soft drink) dan larutan pembersih lantai.

Penjelasan:

Gambar Jawaban