Dampak negatif dan positif politik Etis (balas budi) bagi belanda dan indonesia??

Posted on

Dampak negatif dan positif politik Etis (balas budi) bagi belanda dan indonesia??

Jawaban Terkonfirmasi

Kode Soal   : 11.03.05
Kelas           : XI (2 SMA)


Pelajaran     : Sejarah

Kategori      : Masa Kolonial Hindia-Belanda
Kata Kunci  : Politik, Etis, Balas, Budi, Tugas Sejarah

❖  DAMPAK NEGATIF

Pada tahap pelaksanaan politik etis, banyak terjadi penyimpangan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengutamakan kepentingan pihak belanda. Penyimpangan tersebut antara lain sebagai berikut:

IRIGASI: Hanya ditujukan untuk perkebunan dan persawahan swasta milik Belanda sendiri. Adapun milik rakyat tidak mendapat perbaikan dan pengairan. Dengan demikian dampak negatif penyelewengan ini adalah dominasi ekonomi yang justru semakin lebar.

EDUKASI: Ditujukan bukan untuk semua golongan rakyat melainkan hanya untuk anak pegawai pribumi dan anak golongan mampu saja. Inipun dilakukan dengan tujuan agar bisa mendapatkan tenaga administrasi yang cakap namun murah.

TRANSMIGRASI/MIGRASI: Program transmigrasi dan migrasi dilaksanakan namun dengan tujuan utama untuk mengirim tenaga kerja ke wilayah perkebunan belanda di luar jawa. 

❖  DAMPAK POSITIF

Meski pelaksanaan politik etis berdampak negatif pada bangsa Indonesia namun tanpa disadari pemerintah Belanda, MUNCUL GOLONGAN TERPELAJAR yang mulai memahami pentingnya nasionalisme dan bercita-cita untuk hidup sejahtera, maju dan sejajar dengan bangsa lain. 

Golongan terpelajar ini sadar bahwa untuk meraih membebaskan diri dari penjajahan maka harus dibentuk organisasi pergerakan nasional yang sifatnya modern yang mewadahi perjuangan politik, ekonomi, sosial, pendidikan juga budaya. Dari sinilah perwujudan kemerdekaan Indonesia mulai dirintis.

Untuk memahami materi ini, silahkan simak penjelasan pada tautan berikut: 

Sejarah Budi Utomo brainly.co.id/tugas/2789320
Tujuan Budi Utomo brainly.co.id/tugas/1397782