MAPEL PKNKELAS 7jawab sudah njir;v gosah mandang poin​

Posted on

MAPEL PKNKELAS 7jawab sudah njir;v gosah mandang poin​

MAPEL PKNKELAS 7jawab sudah njir;v gosah mandang poin​

Jawaban:

Uji Kompetensi 1.1

1. Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk pada 1 Maret 1945. Jumlah anggota BPPUPKI terdiri dari 69 orang, yaitu 62 orang anggota aktif dan 7 orang anggota pasif

Tujuan dibentuk adalah untuk mempelajari dan menyelidiki upaya pembentukan negara Indonesia medeka atau mempersiapkan hal-hal penting mengenai tata pemerintahan Indonesia merdeka.

2. Mr. Moh Yamin.

Prof. Dr. Soepomo.

Ir. Soekarno.

Ki Hajar Dewantara.

Dr. Raden Suleiman Effendi Kusumaatmaja.

Dr. Samsi Sastrawidagda.

Dr. Sukiman Wiryosanjoyo.

Drs. Kanjeng Raden Mas Hario Sosrodiningrat.

3. Sebagai badan penyelidik, BPUPKI memiliki tugas utama untuk mempelajari dan menyelidiki hal penting yang berhubungan dengan segi politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan lainnya yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka.

4.  BPUPKI bersidang beberapa kali. Sidang BPUPKI yang pertama pada tanggal 29 Mei- 1 Juni 1945 membahas bentuk negara dan dasar negara Indonesia. Sidang BPUPKI yang kedua, setelah masa reses, dilakukan pada tanggal 10 Juli -14 Juli 1945 membahas wilayah dan kewarganegaraan Indonesia serta tentang udang-undang dan sistem ekonomi negara.

5. Sidang dihadiri oleh 38 orang anggota BPUPKI yang dipimpin langsung oleh Ir. Soekarno pada tanggal sebelum masa persidangan resmi kedua (10 Juli-17 Juli 1945) yang membahas tentang rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Uji Kompetensi 1.2

1. -Muhammad Yamin.

-Soepomo.

-Ir. Soekarno.

2. (1) Kebangsaan Indonesia, (2) Perikemanusiaan atau Internasionalisme, (3) Demokrasi atau Mufakat, (4) Kesejahteraan Sosial, (5) Ketuhanan yang Berkebudayaan.

3. Persamaan :

1) Dari segi tujuan, yaitu sebagai dasar hukum dalam sistem pemerintahan dan kenegaraan Indonesia.

2) Rumusan dasar negara yang diusulkan masing-masing berjumlah 5 butir.

3) Persamaan usulan rumusan dasar negara dapat kita temukan juga pada kata “ketuhanan” dalam setiap rumusannya.

4) Persamaan usulan rumusan dasar negara yang terakhir adalah terletak pada kata "berkebangsaan internasional".

Perbedaan :

1.Perbedaan nya bisa dilihat dari cara cara para tokoh bangsa memaknai pancasila

4. Tugas panitia sembilan yaitu

1)
Menyusun naskah rumusan dasar negara

2)Menampung saran dan usulan tentang dasar negara

3)
Membuat rumusan dasar negara Indonesia

4)Memberi masukan mengenai rumusan dasar negara

Anggota panitia sembila

1.Ir. Soekarno (Ketua)

2.Drs. Mohammad Hatta (Wakil Ketua)

3.Mr. Achmad Soebarjo

4.Mr. Mohammad Yamin

5.H. Agus Salim

6.KH. Wachid Hasyim

7.Abdoel Kahar Moezakir

8.Abikoesno Tjokrosoejoso

9.Mr. Alexander Andries Maramis

5. 1) Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya

2) Menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab

3) Persatuan Indonesia

4) Dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5) Serta dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Uji Kompetensi 1.3

1. Tujuan dibentuknya PPKI secara umum yaitu untuk melanjutkan tugas BPUPKI dengan tujuan utama menyegerakan proklamasi kemerdekaan dan juga melakukan tata negara serta membuat struktur kenegaraan.

2. PPKI pada awalnya diisi oleh 21 orang pengurus yang terdiri dari ketua, wakil dan 19 lainnya adalah anggota. Secara detail 21 anggota PPKI tersebut terdiri dari 12 orang asal Jawa, kemudian 3 orang asal Sumatera, 2 orang asal Sulawesi, dan masing-masing 1 orang asal Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku dan juga Tionghoa. Ir. Soekarno dipercaya untuk menjabat sebagai ketua didampingi oleh Drs. Moh Hatta sebaga wakil ketua, dan 19 lainnya. Pada prosesnya, kemudian PPKI bertambah 6 anggota yang dibentuk tanpa sepengetahuan Jepang. Dari keenam anggota tambahan, Achmad Soebardjo ditunjuk untuk menduduki jabatan sebagai penasihat. Sementara 5 lainnya adalah Sajoeti Melik, Ki Hadjar Dewantara, RAA Wiranatakoesoema, Kasman Singodimedjo serta satu lagi adalah Iwa Koesoemasoemantri.

3. Adanya kelompok yang nggak mau menerima kalimat pertama sila pertama naskah Piagam Jakarta. Untuk bisa menjaga persatuan bangsa Indonesia, maka dilakukanlah perubahan terhadap isi sila itu.

4. Perbedaan rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berasal dari Piagam Jakarta mengalami perubahan, yaitu dengan menghapus kalimat “Kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” dan menggantinya dengan “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

5. Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah :

Meresmikan dan mengesahkan UUD 1945 sebagai Dasar Negara Bangsa Indonesia. Menetapkan ketua PPKI Ir. Soekarno dan wakil PPKI Drs. Moh. Hatta sebagai Presiden dan wakil presiden Negara Indonesia. Pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

Penjelasan:

*SILAKAN TANYA YANG BELUM JELAS

#learwithbrainly

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban