41. Apa perbedaan antara rumusan dasar negara yang tercantum dalam piagam Jakarta dengan rumusan dasar negara yang tercantum di dalam pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945?

Posted on

42. Pengertian nasionalisme dapat di bedakan menjadi dua , yaitu nasionalisme dalam arti sempit dan nasionalisme dalam arti luas. Jelaskan pengertian kedua nasionalisme tersebut!

Tolong di jawab yah , please yang bisa ⁦⁩

41. Apa perbedaan antara rumusan dasar negara yang tercantum dalam piagam Jakarta dengan rumusan dasar negara yang tercantum di dalam pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945?

Jawaban:

41. Sila pertama yang berbunyi "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari'at Islam bagi pemeluk – pemeluknya" diganti dengan "Ketuhanan Yang Maha Esa"

42. Nasionalisme dalam arti sempit :

Perasaan kebangsaan atau cinta terhadap bangsanya yang sangat tinggi dan berlebihan sehingga memandang rendah terhadap bangsa lain.

Nasionalisme dalam arti luas :

Perasaan cinta yang tinggi atau banggga terhadap tanah air dan tidak memandang rendah bangsa lain.

————-————-————-————-

DETAIL MATERI

MAPEL = PPKN

KELAS = 6

KODE = 3.12.20

KATA KUNCI = NASIONALISME DALAM ARTI SEMPIT DAN LUAS, PIAGAM JAKARTA, PANCASILA

Jawaban:

41.Perbedaan rumusan dasar negara dalam rancangan Pembukaan UUD 1945 yang berasal dari Piagam Jakarta mengalami perubahan, yaitu dengan menghapus kalimat “Kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” dan menggantinya dengan “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

42.Nasionalisme dalam arti sempit adalah : Perasaan kebangsaan atau cinta terhadap bangsanya yang sangat tinggi dan berlebihan sehingga memandang rendah terhadap bangsa lain. Nasionalisme dalam arti luas adalah : Perasaan cinta yang tinggi atau banggga terhadap tanah air dan tidak memandang rendah bangsa lain.

Penjelasan:

semoga membantu