Apakah munakahat termasuk muamalah?

Posted on

Apakah munakahat termasuk muamalah?

Jawaban Terkonfirmasi

Munakahat menurut bahasa berarti pernikahan yang berasal dari bahasa arab. Fikih munakahat adalah cabang ilmu fikih yang mengatur mengenai hukum-hukum pernikahan dalam islam. Muamalah adalah segala hubungan dengan masyarakat atau yng berhubungan dengan orang lain.

PEMBAHASAN

Fiqih munakahat adalah peraturan atau hukum-hukum yang mengatur perihal pernikahan, yang diambil dari dalil-dalil AL quran dan as sunnah  yang berlaku untuk seluruh umat islam. Ruang lingkup fiqih munakahat ini ada tiga, yaitu :

1. Meminang / khitbah

Meminang merupakan tahap awal dalam perkawinan, dimana dalam fiqih munakahat mengatur bagaimana cara taaruf, kriteria pemilihan serta cara  yang benar dalam menkhitbah serta cara membatalkan khitbah sesuai dengan syariat islam.

2. Pernikahan

Didalamnya termasuk rukun dan syarat pernikahan, hak dan kewajiban suami istri, hal-hal yang menghalangi pernikahan , serta tata cara berumah tangga dalam sebuah ikatan perkawinan, serta segala hal yang terhubung dengan kehidupuan perkawinan

3. Talak

Didalamnya termasuk hukum-hukum perceraian serta hal-hal yang termasuk didalamnya, seperti penjatuhan talak, syarat berakhirnya pernikahan, hak waris, urusan pembagian harta, urusan pengurusan anak dalam perceraian, tata car rujuk kembali dan sabagainya

Muamalah dalam bahasa berarti perlakuaan terhadapat orang lain. Fikih muamamalah adalah hukum yang mengatur hubungan manusia dengan orang lain. Jual beli, piutang, kerjasama dan lain-lain. Munakahat termasuk dalam muamalah karena didalam munakahat / pernikahan ada hubungan antara individu dengan orang lain dan ada akad didalamnya serta hukum-hukum yang mengikat dalam perjanjian akad tersebut.

Wallahualam bishowab

PELAJARI LEBIH LANJUT

Demikian jawaban kakak, semoga dapat membantu, nah adik-adik untuk soal-soaL perkara agama lain, adikadik bisa cek link dibawah ini yaa. Insha ALLAh jawaban-jawabannya khair karena sudah terverifikasi oleh team brainly . cekidot !

1. Bencana yang terjadi di sebagian tempat yang mengakibatkan matinya sebagian makhluk hidup disebut brainly.co.id/tugas/17282371

2. Sifat nafsiyah merupakan sifat yang hanya berhubungan dengan brainly.co.id/tugas/17283048

3. Fungsi tawakal dalam kehidupan brainly.co.id/tugas/17283071

Oke adik adik Semangat belajarnya yaa !

Jadikan yang terbaik ya !

…………………………………………………………………………………………………………………………..

DETAIL JAWABAN

Kelas : VII

Pelajaran : Agama

Kategori :  Bab 2 – Iman terhadap kitab ALLAH

Kode : 8.14.2

Kata Kunci : fikih talak dan waris, fikih munakahad, fikih pernikahan

Gambar Jawaban