Pancasila memiliki nilai nilai sebagai ideologi

Posted on

Pancasila memiliki nilai nilai sebagai ideologi

Pancasila memiliki nilai-nilai sebagai ideologi artinya pancasila berkedudukan sebagai cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis dalam satu teori atau sistem kenegaraan untuks seluruh rakyat Indonesia.

Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi / dasar negara menjadikan setiap tingkah laku para penyelenggara negara dan pelaksana pemerintahan harus selalu berpedoman pada Pancasila. Pancasila sebagai sumber nilai menunjukkan identitas bangsa Indonesia yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang luhur, hal ini menandakan bahwa dengan Pancasila menolak segala penindasan dan penjajahan.

Pancasila juga sebagai paradigm bangunan, artinya sebagai kerangka pikir, sumber nilai, orientasi dasar, sumber asas serta arah dan tujuan dari suatu perkembangan perubahan serta proses dalam suatu bidang tertentu.Pancasila mengarahkan pembangunan agar selalu dilaksanakan demi kesejahteraan umat manusia dengan rasa nasionalisme, kebesaran bangsa dan keluhuran bangsa. Pembangunan di segala bidang selalu mendasar pada nilai-nilai Pancasila.