Jelaskan dan berilah contoh struktur sosial informal

Posted on

Jelaskan dan berilah contoh struktur sosial informal

1.  Dilihat dari Sifatnya

Bentuk struktur sosial suatu masyarakat dapat dibedakan menjadi struktur sosial yang kaku, struktur sosial yang luwes, struktur sosial formal, dan struktur sosial informal.

a.  Struktur Sosial Kaku

Struktur sosial kaku merupakan bentuk struktur sosial yang tidak dapat dirubah atau sekurang-kurangnya masyarakat menghadapi kesulitan besar untuk melakukan perpindahan status atau kedudukannya.struktur sosial seperti ini biasanya terdapat pada masyarakat yang menganut sitem kasta.

b.  Struktur Sosial Luwes

Bentuk struktur sosial ini merupakan kebalikan dari struktur sosial kaku. Pada struktur sosial ini masyarakat bebas bergerak melakukan perubahan.

c.  Struktur sosial Formal

Merupakan suatu bentuk struktur sosial yang diakui oleh pihak yang berwenang.

d.  Struktur Sosial Informal

Merupakan kebalikan dari struktur sosial formal, yaitu struktur sosial yang nyata ada berfungsi tetapi tidak memiliki ketetapan hukum dan tidak diakui oleh pihak berwenang.

2.  Dilihat dari Identitas Keanggotaan Masyarakatnya

Bentuk struktur sosial ini dapat dibedakan menjadi struktur sosial yang homogen dan        struktur sosial yang heterogen.

a.  Struktur Sosial Homogen

Pada struktur sosial yang homogen memiliki latar belakang kesamaan identitas dari setiap anggota masyarakatnya, seperti kesamaan ras, suku bangsa, ataupun agama.

b.  Struktur Sosial yang Heterogen

Struktur sosial ini ditandai oleh keanekaragaman identitas anggota masyarakatnya. Struktur sosial yang heterogen memiliki latar belakang ras, suku, ataupun agama yang berbeda dari para anggota masyarakatnya.

3.  Dilihat dari Ketidaksamaan Sosial

Bentuk struktur sosial berdasarkan ketidaksamaan sosial adalah pengelompokkan manusia secara horizontal dan vertikal. Pengelompokkan ini bisa berdasarkan ciri fisik yang meliputi jenis kelamin, bentuk dan tinggi tubuh, warna kulit, rambut, dan sebagainya. Juga berdasarkan ciri non fisik atau ciri sosial budaya, meliputi kecerdasan, keterampilan, motivasi, minat dan bakat.

a.  Faktor-Faktor Pembentuk Ketidaksamaan Sosial

1)Keadaan Geografis

Letak geografis suatu wilayah akan mempengaruhi iklim dan cuaca wilayah tersebut sehingga menghasilkan perbedaan mata pencaharian, corak, dan tradisi suatu masyarakat.

2)Etnis

3)Kemampuan atau Potensi Diri

Adanya perbedaan potensi diri dapat menghasilkan perbedaan atas dasar profesi, kekayaan, hobi, dan sebagainya.

4)Latar Belakang Sosial

Perbedaan latar belakang sosial dapat menghasilkan perbedaan tingkat pendidikan, peranan, prestise, dan kekuasaan.

b. Bentuk-Bentuk Ketidaksamaan Sosial