TUGAS PORTOFOLIO

Posted on

Susunlah gambar yang menjelaskan tentang proses metamorfosis
kupu-kupu, katak, dan lebah!​

TUGAS PORTOFOLIO

Jawaban:

1.) Metamorfosis Kupu – kupu

(telur, ulat, kepompong, dan kupu-kupu)

Proses metamorfosis kupu-kupu melalui beberapa tahap fase. Fase pertama adalah telur (ovum, plural ova), fase kedua adalah ulat atau caterpillar (larva, larvae), fase ketiga adalah kepompong atau kokon atau chrysalis (pupa, pupae) dan fase keempat adalah insekta berupa kupu-kupu atau imago (plural imagines).

2.) Metamorfosis Katak

Berudu yang berangsur-angsur menjadi katak muda yang memiliki ekor. Katak muda ini berbeda dengan katak dewasa. katak muda masih memiliki ekor sementara setelah dewasa, katak tak lagi terlihat memiliki bagian ekor pada tubuhnya. Oleh sebab itu, katak juga bisa disimpulkan melewati 4 tahapan metamorfosis yakni telur, berudu, katak muda dengan ekor dan katak dewasa tanpa ekor.

Metamorfosis katak akan terlihat dari tubuh berudu yang mulai ditumbuhi kaki pada bagian belakang. Biasanya progress ini terlihat di usia delapan minggu. Setelah kaki belakang tersebut tumbuh hampir sempurna, maka kaki bagian depan pada berudu juga akan tumbuh hingga berudu berusia 12 minggu. Selanjutnya, pada bagian ekor berudu akan tumbuh namun perlahan. Dan, ia juga akan memiliki paru-paru sehingga benar-benar menjadi katak dewasa yang hidup di daratan.

3.) Metaformosis Lebah Madu

Adalah serangga yang termasuk pada kelompok Holometabola, yaitu serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Tahapan dari daur serangga yang mengalami metamorfosis sempurna adalah : Telur – Larva – Pupa – Imago.

Telur, dihasilkan oleh ratu lebah dan disimpan di dalam sel-sel.

Larva adalah hewan muda yang bentuk dan sifatnya berbeda dengan dewasa.

Pupa adalah kepompong dimana pada saat itu serangga tidak melakukan kegiatan, pada saat itu pula terjadi penyempurnaan dan pembentukan organ.

Imago adalah fase dewasa atau fase perkembangbiakan.

Siklus metamorfosis lebah madu adalah sebagai berikut :

1.Ratu menghasilkan telur-telur dan disimpan di dalam sel-sel.

2.Selanjutnya telur akan berubah menjadi ulat-ulat atau larva.

3.Larva akan membesar dan berkembang membentuk pupa.

4.Pupa berubah dan berkembang kepada bentuk seekor lebah.