Jawab ya plsssnnti ku follow​

Posted on

Jawab ya plsssnnti ku follow​

Jawab ya plsssnnti ku follow​

Jawaban:

1. Panitia kecil itu beranggotakan sembilan orang, di antaranya:

-Ir. Sukarno (Ketua);

-Drs. Mohammad Hatta (Wakil Ketua);

– K.H.A Wahid Hasyim (Anggota);

– Abdulkahar Muzakir (Anggota);

-Mr. A. A. Maramis (Anggota);

-Abikusno Tjokrosuyoso (Anggota);

– Mr. Achmad Soebarjo (Anggota);

-H. Agus Salim (Anggota); dan

-Mr. Moh. Yamin (Anggota).

2. Pada tanggal 14 Juli 1945, sidang BPUPKI menerima hasil laporan Panitia Perancang UUD yang disampaikan oleh Ir. Soekarno selaku ketua. Laporan tersebut berisi rancangan UUD, yaitu: Pernyataan mengenai kemerdekaan Indonesia dan Pembukaan Undang-Undang Dasar atau preambule.

3. “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia, dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, dan dengan didorong oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu, untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia Merdeka yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu hukum dasar negara Indonesia yang berbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia, yang berkedaulatan rakyat, dengan berdasar kepada: Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indoesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan-perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Djakarta, 22-6-1945

Panitia Sembilan

4. Tujuan BPUPKI adalah untuk menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan.

5. Adapun wujud upaya Bung Hatta dalam rangka menyempurnakan makna sila pertama Pancasila adalah dengan cara mendengarkan aspirasi rakyat indonesia bagian timur dan segera mengganti sila pertama yang berbunyi mnjalankan syariat islam bagi pemeluk pemeluknya dengan Ketuhanan Yang Maha Esa.

6. sebelum dirubah: ketuhanan dengan menjalankan

syariat islam bagi pemeluk pemeluknya

setelah dirubah: ketuhanan yang maha esa

7. Muhammad Yamin adalah yang mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan gagasannya pada 29 Mei 1945.

8. kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau perikemanusiaan, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan sosial, Ketuhanan yang Maha Esa.

9. mohamad yamin

10.Toleransi antar umat beragama, dengan menghormati perbedaan agama antara teman dan tetangga yang sedang melaksanakan ibadah serta Agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah hubungan manusia dengan Tuhan.