1. Cuaca diamati dalam waktu harian, musim diamati dalam hitungan……

Posted on

2. Mengapa Indonesia hanya memiliki 2 musim?
Jawab: ……

3. ​

1. Cuaca diamati dalam waktu harian, musim diamati dalam hitungan……

Jawaban Terkonfirmasi

1. Cuaca diamati dalam waktu harian, musim diamati dalam hitungan……  bulan.

Pembahasan:

Cuaca adalah keadaan atmosfer sehari-hari, dan jangka waktu yang pendek dalam hitungan jam, hari hingga minggu. Cuaca misalnya adalah cerah, hujan, gerimis, atau berawan. Cuaca biasanya mempengaruhi wilayah sempit, seperti suatu kota dapat hujan sementara kota dekatnya cerah.

Musim adalah pembagian waktu dalam setahun yang ditandai dengan adanya perbedaan pola cuaca. Musim berlangsung selama beberapa bulan. Di Indonesia dikenal musim hujan yang basah dan musim kemarau yang kering, serta musim pancaroba yang merupakan peralihan antara keduanya di mana cuaca tidak menentu.

2. Mengapa Indonesia hanya memiliki 2 musim?

Karena Indonesia terletak dekat garis Khatulistiwa (Equator) sehingga mendapat sinar matahari sepanjang tahun yang jumlahnya sama. Akibatnya Indonesia memiliki suh tetap sepanjang tahun dan tidak mengalami perubahan musim yang berbeda seperti di negara yang jauh dari garis Khatulistiwa seperti Eropa yang mengalami 4 musim (semi, panas, gugur dan dingin).

Pembahasan:

Letak astronomis adalah letak terhadap garis bujur dan garis lintang di Bumi. Indonesia memiliki letak astronomis dekat garis Khatulistiwa (Equator) dengan letak antara 6° LU – 11° LS. 95° BT – 141° BT.

Dampak dari letak astronomis ini adalah Indonesia memiliki iklim Tropis, yang ditandai dengan banyaknya sinar matahari, penguapan dan suhu hangat sepanjang tahun. Akibatnya tidak ada perubahan musim yang kentara yaitu musim dingin yang menggigil atau musim panas yang sangat tinggi suhunya seperti negara-negara yang jauh dari garis Khatulistiwa.

Iklim tropis ditandai dengan adanya 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau terjadi ketika angin muson timur akan bertiup dari Benua Australia yang kering di bulan April hingga Oktober, dan pada bulan-bulan ini curah hujan di Indonesia berkurang.

Sementara musim hujan terjadi ketika angin muson barat bertiup dari Samudera Hindia di bulan Oktober hingga April. Angin yang kaya uap air ini menyebabkan Indonesia mengalami musim hujan dengan curah hujan tinggi.

—————————————————————————-

Pelajari lebih lanjut:

Detail Jawaban      

Kode: 10.8.5  

Kelas: X  

Mata Pelajaran: IPS/Geografi      

Materi: Bab 5 – Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Atmosfer

Kata Kunci: Cuaca, Musim, Iklim

#AyoBelajar