saluran pencernaan manusia tersusun sepanjang 9 meter. apakah kaitan antara struktur usus yang demikian dengan fungsi yang dilakukan oleh saluran pencernaan tersebut

Posted on

saluran pencernaan manusia tersusun sepanjang 9 meter. apakah kaitan antara struktur usus yang demikian dengan fungsi yang dilakukan oleh saluran pencernaan tersebut

Jawaban Terkonfirmasi

Proses pencernaan makanan pada tubuh manusia dimulai dari mulut. Di dalam mulut terdapat gigi yang berfungsi untuk memotong dan mengoyak makanan sehingga makanan menjadi halus dan berbentuk kecil. Pencernaan oleh gigi ini disebut dengan pencernaan mekanis.

Setelah dicerna dalam mulut, maka makanan akan masuk ke dalam tekak atau faring. Faring adalah saluran makanan yang memanjang dari bagian belakang rongga mulut sampai ke permukaan kerongkongan. Pada pangkal faring, terdapat katup pernapasan yang dinamakan epiglotis yang berfungsi untuk menutup ujung saluran pernafasan agar makanan tidak masuk ke saluran pernafasan. Makanan kemudian akan masuk ke dalam esofagus, suatu organ yang berbentuk tabung lurus, berotot lurik dan berdinding tebal. Otot kerongkongan berkontraksi sehingga mendorong makanan masuk ke lambung. Gerakan ini disebut dengan gerakan peristaltik.

Di dalam lambung, makanan akan diaduk-aduk, memecahnya secara mekanis, dan mencampur dengan getah lambung. Getah lambung mengandung asam klorida, enzim pepsin, dan renin. Proses pencernaan dalam labung dinamakan pencernaan kimiawi. Pencernaan kimiawi akan menghasilkan kimus atau bubur usus.

Setelah melalui pencernaan kimiawi, maka kimus akan masuk ke dalam usus halus. Di dalam usus halus terjadi pemecahan zat-zat mulai dari pemecahan amilum, lemak, dan lainnya. Hasilnya akan diserap oleh vili usus halus dan masuk ke pembuluh darah, sedangkan asam lemak, gliserol, dan vitamin yang larut dalam lemak akan dibawa ke pembuluh getah bening dan pembuluh darah kapiler.

Setelah dari usus halus, maka akan masuk ke usus besar. Di sini, sisa makanan akan diserap kandungan airnya jika masih memiliki banyak kandungan air, jika kurang maka usus besar akan mengeluarkan air. Sisa-sisa makanan kemudian dibusukkan oelh bakteri E.coli dan dikeluarkan oleh anus.

panjangnya saluran pencernaan dari mulut hingga anus kurang lebih 9 meter. Hal ini dikarenakan makanan yang masuk akan dicerna dalam pencernaan mekanik dan kimiawi. Hal ini untuk memastikan zat-zat penting yang dibutuhkan dalam makanan tersebut bisa diserap oleh tubuh dan ketika di buang melalui anus, sudah tidak memiliki kandungan yang penting untuk tubuh manusia lagi.

Pelajari lebih lanjut

Detil jawaban

  • Kelas: 8
  • Mapel: Biologi
  • Bab: Sistem pencernaan pada manusia
  • Kode: 4
  • Kata Kunci: sistem pencernaan, manusia, makanan

Gambar Jawaban