Apa perbedaan gerhana matahari dan gerhana bulan? jelaskan!

Posted on

Apa perbedaan gerhana matahari dan gerhana bulan? jelaskan!

-Gerhana Matahari
Gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya sebagian atau seluruh sinar matahari yang menuju ke bumi oleh bulan. Peristiwa tersebut terjadi pada saat posisi bulan berada di antara bumi dan matahari. Ketika gerhana matahari berlangsung, intensitas cahaya matahari berkurang tetapi kekuatan pancarannya tidak berubah. Jadi meskipun suasananya redup dan gerhana bisa dilihat dengan mudah, namun sebenarnya kekuatan pancaran sinar matahari masih sama seperti biasanya. Sehingga keluar larangan menatap gerhana matahari secara langsung karena dikhawatirkan kita terlena menatapnya terlalu lama sehingga dapat merusak indera penglihatan.

-Gerhana Bulan
Gerhana bulan adalah peristiwa tertutupnya bulan akibat sinar matahari terhalang oleh bumi. Peristiwa ini terjadi ketika kedudukan bumi terletak di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus. Akibatnya sebagian atau seluruh penampang bulan tertutupi oleh bayangan bumi. Gerhana bulan boleh disaksikan langsung dengan mata kosong mengingat bulan merupakan satelit yang tidak dapat memancarkan cahayanya sendiri.

PERBEDAAN
perbedaan antara gerhana matahari dan gerhana bulan :
-Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada di antara matahari dan bumi. Sedangkan gerhana bulan terjadi saat kedudukan bumi terletak di antara matahari dan bulan.
-Gerhana matahari mengakibatkan sinar matahari yang menuju ke bumi terhalang oleh bulan. Sebaliknya, gerhana bulan mengakibatkan sinar matahari yang menuju ke bulan terhalang oleh bumi.
-Gerhana matahari menimbulkan ilusi seolah-olah matahari menghilang bila dilihat dari bumi. Sementara itu, gerhana bulan juga menimbulkan ilusi seolah-olah bulan menghilang jika dilihat dari bumi.
-Gerhana matahari tidak boleh dilihat langsung dengan mata kosong, melainkan harus menggunakan alat bantu. Berbeda halnya dengan gerhana bulan yang boleh diamati memakai mata kosong alias tanpa alat bantu.
-Intensitas terjadinya gerhana matahari lebih jarang dibandingkan dengan gerhana bulan yang terjadi hampir setiap tahun.

Gerhana matahari adalah gerhana matahari terjadi pada waktu bulan berda diantara bumi dan matahari,yaitu pada waktu bulan mati dan bayang bayang bulan yang berbentuk kerucut menutupi permukaan bumi sedangkan gerhana bulan adalah gerhana bulan terjadi pada waktu bumi berada diantara bukan dan matahari,yaitu pada waktu bulan pirnama dan bayang bayang bumi menutupi permukaan bulan