Dalam geografi kita mengenal tiga pendekatan utama yaitu pendekatan

Posted on

Dalam geografi kita mengenal tiga pendekatan utama yaitu pendekatan

Jawaban Terkonfirmasi

Dalam geografi kita mengenal tiga pendekatan utama yaitu pendekatan keruangan, pendekatan kelingkungan, serta pendekatan kompleks wilayah. Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena-fenomena geosfer yang terjadi di bumi.  

Pembahasan

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena-fenomena geosfer yang terjadi di bumi. Fenomena geosfer yang dipelajari diklasifikasikan menjadi dua objek, yaitu sebagai berikut:

  1. Objek material, merupakan objek yang berupa litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antroposfer.
  2. Objek formal, merupakan sudut pandang atau pendekatan yang digunakan untuk mempelajari objek material.

Pelajari lebih lanjut tentang objek geografi di:
brainly.co.id/tugas/3051958.

Perlu kamu ketahui bahwa setiap fenomena geosfer dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan geografi yang terdiri dari tiga pendekatan, yaitu sebagai berikut:

  1. Pendekatan keruangan (spasial), merupakan pendekatan geografi yang mengkaji fenomena geosfer berdasarkan aspek topik, aspek aktivitas manusia, dan aspek region.
  2. Pendekatan kelingkungan (ekologi), merupakan pendekatan geografi yang mengkaji fenomena geosfer berdasarkan hubungan antar makhluk hidup serta hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya.
  3. Pendekatan kompleks wilayah, merupakan pendekatan geografi yang mengkaji fenomena geosfer berdasarkan gabungan pendekatan keruangan (spasial) dan pendekatan kelingkungan (ekologi).

Pelajari lebih lanjut tentang pendekatan geografi di: brainly.co.id/tugas/6751438.

Detil jawaban

Kelas: X

Mapel: Geografi

Bab: Dasar-dasar Ilmu Geografi

Kode: 10.8.1

#AyoBelajar