1. Apa yang dimaksud dengan motif hias

Posted on

2. Apa yang dimaksud dengan gambar dekoratif?

3. Apa keunikan dari motif hias seni rupa nusantara?

4. Sebutkan 3 contoh karya seni anyaman !

5. Sebutkan perbedaan seni rupa muni dan seni rupa terapan ?

Tolong dijawab yaak​

1. Apa yang dimaksud dengan motif hias

Jawaban:

1. Ragam hias atau motif adalah bentuk dasar hiasan yang umumnya diulang-ulang sehingga menjadi pola dalam suatu karya kerajinan atau kesenian. Ragam hias dapat dihasilkan dari proses menggambar, memahat, mencetak dsb.

2. Gambar dekoratif adalah gambar yang dibuat dengan berbagai macam corak dekor. Corak dekor yang dimaksud memiliki dua jenis bentuk, yakni geometris dan stilasi.

3. Keunikan ragam hias nusantara adalah pada penggunaan tekstur di setiap corak atau sebagai pengisi latar kain. Rinci dan rumit serta padat dengan corak merupakan karakter tekstil nusantara.

4. Anyaman Mengkuang, Daun mengkuang Tikar, tudung salji, bekas pakaian dan lain-lain.

Anyaman Mengkuang, Daun mengkuang Tikar, tudung salji, bekas pakaian dan lain-lain.Anyaman pandan, Daun pandan duri Tikar sembahyang, hiasan dinding, …

Anyaman Mengkuang, Daun mengkuang Tikar, tudung salji, bekas pakaian dan lain-lain.Anyaman pandan, Daun pandan duri Tikar sembahyang, hiasan dinding, …Anyaman Rotan, Rotan yang telah diproses Bakul, bekas pakaian, tempat buaian anak dan lain-lain.

5. Seni rupa murni menonjolkan nilai estetikanya. Contoh karya yang seni rupa murni adalah seni lukis, sening patung dan kaligrafi. Sedangkan seni rupa terapan lebih fokus pada fungsinya.

SEMOGA MEMBANTUヾ(〃^∇^)ノ