1. apa definisi biografi?

Posted on

2. apa fungsi biografi
3. tulislah struktur umum biografi!
4. tuliskan ciri bahasa dari teks biografi!
5. sebutkan jenis biografi!​

1. apa definisi biografi?

Jawaban:

1. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Teks biografi merupakan bentuk teks yang berisi mengenai kisah suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya.

2. Fungsi teks biografi, yaitu sebagai panutan bagi pembaca, memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh, memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah, mengetahui dan memahami karakter orang lain dan banyak belajar tentang orang lain melalui tokoh-tokoh lain.

3. Terdapat 3 struktur teks biografi yang harus diterapkan yaitu orientasi, kejadian penting, serta reorientasi. Bagian ini berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar maupun pembaca.

4. ciri kebahasaan teks biografi adalah memakai bahasa yang santun, kata yang dipakai lugas dan sesuai, serta penjelasan yang ditulis sesuai dengan biografi orang tersebut, misalnya nama lengkap dan tanggal lahir, serta asalnya.

5. A.} Biografi Berdasarkan Izin Penulisan. Authorized Biography, yaitu suatu biografi yang penulisannya telah mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya. …

B. }Biografi Berdasarkan Isinya. …

C.} Biografi Berdasarkan Masalah yang Dibahas. …

D.} Biografi Berdasarkan Penerbit.

* Maaf ya kalau salah *

*Semoga membantu *

* Jangan lupa jadikan jawaban terbaik ya *

* jangan lupa follow juga ya *