Bagaimana perubahan sosial budaya dalam hal kesenian pada masa dulu dan sekarang

Posted on

Bagaimana perubahan sosial budaya dalam hal kesenian pada masa dulu dan sekarang

Bagaimana perubahan sosial budaya di bidang kesenian dari jaman dulu hingga sekarang??

Jawaban

Pendahuluan

Perubahan sosial ini lebih mengacu kepada sebuah perubahan dalam proses tata sosial dan masyarakat. beberapa perubahan sosial ini juga mengacu terhadap perubahan lingkungan, hubunga sosial, lembaga, dan perilaku. Perubahan sosial bisa terjadi sangat cepat ataupun lambat dan umumnya sangat tidak disadari oleh masyarakat dan hanya beberapa orang saja yang tahu perubahan tersebut.

Pembahasan

Pada kesempatan ini penanya membuat soal tentang bagaimana perubahan sosial budaya dibidang kesenian dari jaman dulu hingga sekarang.

Nah saya akan menjawab pertanyaan tersebut.

Di Indonesia perubahan sosial budaya sangat berpengaruh sekali, apalagi di masyarakat yg sudah mengenal atau mengetahui perubahan tersebut. Sedangkan perubahan itu biusa jadi sangat cepat ataupun lambat, tergantung bagaimana masyarakat tersebut menerapkan perubahan itu ke dalam kehidupannya, contohnya dalam hal kesenian. jaman sebelum masyarakat mengenal kesenian moderen, kesenian jaman dulu itu sangat terkenal di seluruh indonesia, seperti kesenian tari jaipong, ketoprak, tari kecak, tari piring dan lain sebagainya.

Semenjak masyarakat indonesia mengenal kesenian modern yang berasal dari luar negeri, kesenian tradisonal sudah jarang ditemukan. Dan anak jaman sekarang lebih menyukai dan lebih mempelajari kesenian dari luar negeri. sebenarnya tidak apa – apa tetapi alangkah baiknya pelajari dulu yang ada di dalam negeri supaya kita tahu apa saja kesenian yang ada di indonesia.

Kesimpulan

Jadilah masyarakat indonesisa yang mencintai kesenian tradisional (dalam negeri). Kalau bisa kita perkenalkan kesenian yang ada di indonesia ke luar negeri agar mereka belajar tentang kesenian di negara kita. Jangan masyarakta indonesia yang selalu mempelajari kesenian luar negeri. Jangan jadi masyarakat yang menjajah negaranya sendiri.

Pelajari lebih lanjut

materi perubahan sosail budaya : brainly.co.id/tugas/12483128

Penjelasan tentang perubahan sosial budaya brainly.co.id/tugas/3903083

contoh perubahan sosial budaya dalam hal kesenian brainly.co.id/tugas/12285753

—————————–

Detil jawaban

Kelas : 9

Mapel : IPS

Bab : 4

Kode kategori : 8.10.4

Kata Kunci : Sosial Budaya