Tulisan dalil tentang zakat mustalia zakat beserta artinya

Posted on

Tulisan dalil tentang zakat mustalia zakat beserta artinya

Dalil Tentang Zakat

Kata zakat didalam Al-Quran terdapat pada 26 ayat yang tersebar pada 15 surat. Ayat dan surat tersebut yaitu sebagai berikut: 

Didalam Q.S Al Baqoroh ayat: 42, 84, 110, 177, 277.

Didalam Q.S Annisa ayat: 77 dan 162.

Didalam Q.S Al-Maidah ayat: 12 dan 55.

Didalam Q.S Al-A'raaf ayat: 156.

Didalam Q.S At-Taubah ayat: 5, 11, 18, dan 71

Didalam Q.S Al-Anbiya ayat: 73

Didalam Q.S Al-Hajj ayat: 41 dan 78.

Didalam Q.S An-Nur ayat: 37 dan 56.

Didalam Q.S Annaml ayat: 3.

Didalam Q.S Luqman ayat: 4.

Didalam Q.S Al-Ahzab ayat: 37.

Didalam Q.S Fushilat ayat: 7.

Didalam Q.S Al-Mujadillah ayat: 13.

Didalam Q.S Al Muz'amil ayat: 20.

Didalam Q.S Al-Bayyinah ayat: 5.

Silahkan anda buka Al-Quran lalu cari ayat-ayat tersebut diatas untuk memastikannya, jangan lupa juga baca terjemahnya. Selengkapnya tentang dalil tentang zakat anda bisa lihat dibawah ini:

Dalil Wajib Zakat

Berikut ini adalah dalil dalil yang menunjukkan mewajibkan kita untuk berzakat:

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Alloh maha mendengar lagi maha mengetahui". (Q.S At-Taubah ayat 103)

Juga hadits riwayat muttafaqun alaihi yang artinya: "Islam didirikan diatas lima dasar: Mengikrarkan bahwa tidak ada tuhan selain Alloh dan Muhammad adalah utusan Alloh, mendirikan sholat, membayar zakat, menunaikan haji, dan berpuasa pada bulan Romadhon". (H.R. Muttafaq 'alaih)

Dari dalil dalil diatas jelaslah bahwa zakat itu benar perintah Alloh SWT. Oleh karena itu kita harus tunduk dan mengikuti perintah Alloh yang satu ini, apalagi zakat adalah termasuk rukun islam yang ke 3.