Peletakan dasar dibentuknya kontigen garuda adalah​

Posted on

Peletakan dasar dibentuknya kontigen garuda adalah​

Jawaban:

Pembukaan UUD 1945

Pembahasan

Kutipan dari teks Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945 alinea 4, yang merupakan peletak dasar dibentuknya Kontingen Garuda.

"kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,.."

Kontingen Garuda (KONGA) atau Pasukan Garuda merupakan pasukan Tentara Republik Indonesia yang diberi tugas sebagai paskan perdamaian di negara lain. Indonesia mulai mengirimkan pasukannya sebagai dari bagian pasukan penjaga perdamaian PBB sejak tahun 1957.

Kontingen Garuda I dikirim pada tanggal 8 Janurai 1957 ke Mesir. Kontingen ini dipimpin oleh Letnan Kolonel Infanteri Hartoyo yang kemudian digantikan oleh Letnan Kolonel Infanteri Suadi Suromihardjo. Dengan jumlah pasukan sebanyak 559 orang.

Kontingen Garuda II dikirim ke Kongo pada tahun 1960 dipimpin oleh Letnan Kolonel Infanteri Solichin GP. Dengan jumlah pasukan sebanyak 1074 orang.

Kontingen Garuda III dikirim ke Kongo pada tahun 1962, di bawah misi UNOC dan dipimpin oleh Brigjen TNI Kemal Idris.

jaadikan yang terbaik kaaak….pliis

maaf klo salah