*Jawablah Pertanyaan di bawah ini Dengan Benar !*

Posted on

1. Apa yang dimaksud dengan kerajinan tekstil ?
2. Tuliskan fungsi dari kerajinan tekstil !
3. Tuliskan perbedaan structural technic dan decorative technic beserta contohnya.
4. Tuliskan perbedaan batik pedalamam dan batik pesisir.
5. Tuliskan prinsip kerajinan fungsi hias dan fungsi pakai .

*Jawablah Pertanyaan di bawah ini Dengan Benar !*

Jawaban:

1.Kerajinan tekstil merupakan kerajinan yang menggunakan bahan tekstil. Tekstil berasal dari serat yang diolah menjadi benang dan kain. Dari kain kemudian diolah menjadi berbagai busana dan kerajinan.

2.Selain berfungsi sebagai penghias, kerajinan tekstil juga berfungsi sebagai benda pakai. Di mana kerajinan yang dibuat berdasarkan tujuan untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Contohnya adalah kerajinan busana, tas, dan aksesoris. Kerajinan juga memiliki fungsi sebagai mainan

3.Karakteristik Structural Technic memiliki kecenderungan lebih klasik, unik, rumit dan detail. Karena bentuk kerajinan tekstil yang dibuat dibentuk langsung saat membuat. Sedangkan Decorative Technic memiliki kecenderungan hanya menghias permukaan sebuah benda.

4.Batik pedalaman hanya ada di daerah asalnya, sedangkan batik pesisiran batik yang berada di luar tempat asalnya. … Batik pesisir adalah batik yang berkembang di masyarakat yang tinggal di luar benteng keraton, sebagai akibat dari pengaruh budaya daerah di luar Pulau Jawa

5.

Jawaban:

Kerajinan tekstil merupakan kerajinan yang menggunakan bahan tekstil. … Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tekstil adalah bahan tenun (seperti cita, kain putih). Tekstil berasal dari serat yang diolah menjadi benang dan kain.

Selain berfungsi sebagai penghias, kerajinan tekstil juga berfungsi sebagai benda pakai. Di mana kerajinan yang dibuat berdasarkan tujuan untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Contohnya adalah kerajinan busana, tas, dan aksesoris. Kerajinan juga memiliki fungsi sebagai mainan

Karakteristik Structural Technic memiliki kecenderungan lebih klasik, unik, rumit dan detail. Karena bentuk kerajinan tekstil yang dibuat dibentuk langsung saat membuat. Sedangkan Decorative Technic memiliki kecenderungan hanya menghias permukaan sebuah benda.

Batik pedalaman adalah batik yang berkembang di daerah pedalaman khususnya Yogyakarta dan Surakarta (Solo), batik pedalaman ini lebih dikenal dengan batik keraton atau batik klasik. Sedangkan batik pesisiran adalah batik yang berkembang di daerah pesisir pulau Jawa, seperti Cirebon dan Pekalongan.

prinsip kerajinan fungsi hias

– kerajinan fungsi hias ini prinsipnya adalah sebagai benda pajangan atau hiasan yang fungsinya sebagai orgamen untuk memperindah tempat tinggal ataupun tempat-tempat lainnya.

Prinsip kerajinan fungsi pakai

– kerajinan fungsi pakai prinsipnya adalah sebagai benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan fungsi dan tujuan dari kerajinan