Tidak memiliki bunga, menghasilkan spora, tidak memiliki pembuluh, belum memiliki akar, batang, daun sesungguhnya. Tumbuhan yang memiliki ciri ciri tersebut di atas dapat dikelompokkan dalam

Posted on

Tidak memiliki bunga, menghasilkan spora, tidak memiliki pembuluh, belum memiliki akar, batang, daun sesungguhnya. Tumbuhan yang memiliki ciri ciri tersebut di atas dapat dikelompokkan dalam

Jawaban Terkonfirmasi

Tumbuhan memiliki ciri – ciri tersebut dikelompokkan dalam protista mirip tumbuhan yang sering disebut alga.

Pembahasan

Protista mirip tumbuhan biasa di kenal sebagai ganggang atau alga. Ganggang atau alga ini adalah organisme kelompok besar yang beragam jenisnya dan mereka merupakan organisme autotrof yang berarti mereka menghasilkan makanan mereka sendiri.

Ciri – ciri ganggang atau alga sebagai berikut:

  1. Ada yang uniseluler dan ada yang multiseluler.
  2. Habitat di perairan tawar dan laut. Ada yang menempel pada batuan (epilitik), tanah/lumpur/pasir (epipalik), menempel pada tumbuhan sebagai (epifitik), dan menempel pada tubuh hewan (epizoik).
  3. Memiliki klorofil, sehingga bersifat autotrof. Selain klorofil, alga juga memiliki pigmen lain, seperti fikosianin (warna biru), fikoeritrin (warna merah), fikosantin (warna coklat), xantofil (warna kuning) dan karoten (warna keemasan).
  4. Merupakan organisme eukariotik.
  5. Reproduksi secara aseksual dengan fragmentasi, pembelahan atau pembentukan spora dan secara seksual dengan oogami dan isogami.
  6. Tubuh tidak dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun. Tubuhnya berupa thalus, sehingga dimasukkan ke dalam golongan thalophyta.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang Mengapa protista dikelompokkan menjadi protista mirip jamur, protista mirip tumbuhan, dan protista mirip hewan: brainly.co.id/tugas/1449754
  2. Materi tentang sifat-sifat ganggang biru: brainly.co.id/tugas/13555963
  3. Materi tentang bagaimanakah pergerakan protista menggunakan flagela atau sillia: brainly.co.id/tugas/19295492

—————————–

Detil jawaban

Kelas: X (SMA)

Mapel: Biologi

Bab: Grup Protista

Kode: 10.4.6

Kata Kunci: protista mirip tumbuhan, ciri – ciri ganggang, alga