Tolong bantuin [email protected]​

Posted on

Tolong bantuin [email protected]​

Tolong bantuin [email protected]​

7. Jawaban = D

  • Pada kalimat keempat, kata "mendiskripsikan" itu SALAH. Kata yang benar adalah "mendeskripsikan" yang artinya menggambarkan sesuatu hal melalui sebuah kalimat.

8. Jawaban = B

  • Makna kata "terik" pada kalimat tersebut bukan "silau". Karena seharusnya, jika matahari saat itu sedang silau, yang dilakukan Delta misalnya seperti menggunakan kacamata hitam agar tidak silau, memakai payung agar tidak silau, terdapat percakapan Delta yang mengeluh karena merasa matahari saat itu sangat silau (misalnya, "Aduh, hari ini matahari sangat silau sekali ya.") dan lainnya. Tetapi pada teks, yang dilakukan Delta adalah makan. Jadi, untuk kata makna "silau" itu SALAH.
  • Makna kata "terik" pada kalimat tersebut adalah "panas". Karena pada teks di atas itu menggambarkan suasana yang seperti Delta yang tampak lelah. Biasanya, jika cuaca nya sedang terik atau panas, maka kita akan kelelahan, merasa lapar, merasa haus, dan lainnya. Jadi, untuk kata makna "panas" itu BENAR.
  • Makna kata "terik" pada kalimat tersebut bukan "kuat". Karena kata "kuat" untuk menjadi makna kata "terik" itu kurang berhubungan. Jadi, untuk kata makna "kuat" itu SALAH.
  • Makna kata "terik" pada kalimat tersebut bukan "cerah". Karena pada teks di atas itu tidak menggambarkan suasana yang seperti sedang cerah, segar, dan kalimat lainnya yang menggambarkan sebuah suasana yang cerah. Jadi, untuk kata makna "cerah" itu SALAH.

9. Jawaban = B

  • Coba kita lihat pada dialog Ibu yang mengatakan "Cuci tangan dulu, Guk" dan "Oh ya… gimana tadi upacaranya? sukses dengan sepatu baru?". Pada kedua dialog Ibu tersebut, menunjukan bahwa watak Ibu adalah perhatian. Karena Ibu memerintahkan agar Delta cuci tangan sebelum makan dan menanyakan kegiatan upacara yang dilakukan oleh Delta. Kedua dialog dan sikap Ibu tersebut menunjukan bahwa watak Ibu adalah perhatian.
  • Dialog merupakan percakapan yang dilakukah oleh tokoh.
  • Watak merupakan sikap yang dimiliki oleh tokoh.

11. Jawaban = D

  • Latar ada 3 :
  1. Latar tempat → tempat sebuah peristiwa (di rumah, di kantor, di sekolah, dan lainnya)
  2. Latar waktu → waktu terjadinya peristiwa (pagi hari, sejak dia pergi, kemarin, dan lainnya)
  3. Latar suasana → suasana yang terjadi pada sebuah peristiwa (sedih, senang, marah, dan lainnya)
  • Pertama, kita tentukan latar tempat. Karena pada keempat opsi itu menunjukan latar sebuah tempat ya. Oke, dilihat dari teks, gadis kecil itu berlari menuju kotak pos. Dari sini, dapat kita simpulkan bahwa gadis kecil tersebut sedang berada di rumah nya yang terdapat sebuah kotak pos. Tetapi, bisa saja gadis kecil itu mengambil kotak pos di kantor pos kan? Tetapi pada keempat opsi yang ada, itu tidak ada pilihan "Kantor pos". Jadi, latar tempat yang tepat adalah rumah.
  • Kedua, kita tentukan latar waktu. Karena pada keempat opsi itu menunjukan latar sebuah waktu ya. Oke, dilhat dari teks, gadis kecil itu menuju rumah nya setelah pulang sekolah. Gadis kecil tersebut pulang sekolah dengan cara berlari, hal ini dapat kita ketahui dari kalimat "gadis kecil itu malah mempercepat larinya". Lalu, pada awal kalimat terdapat kalimat "Mobil jemputan sekolah". Kata "jemputan" ini menunjukan bahwa saat itu adalah waktunya pulang sekolah. Jika kita pulang, maka biasanya itu dijemput kan? Jadi, latar waktunya adalah saat pulang sekolah.