Kenapa untuk memutuskan suatu ikatan lama membutuhkan energi?

Posted on

Sedangkan membentuk suatu ikatan baru justru melepas energi?

Bab thermokimia sub energi ikatan

Kenapa untuk memutuskan suatu ikatan lama membutuhkan energi?

Jawaban Terkonfirmasi

Suatu ikatan kimia terbentuk oleh interaksi antar elektron valensi oleh atom-atom penyusunnya. Misalnya pada ikatan ionik terjadi transfer elektron dari kation ke anion. pada proses transfer elektron ini diikuti dengan pelepasan sejumlah energi untuk menjaga kesetimbangan energi dalam senyawa tersebut. Sedangkan untuk mengurai suatu senyawa menjadi unsur-unsur penyusunnya dibutuhkan sejumlah energi yang harus lebih besar dari ikatan kimianya.

Pembahasan

Entalpi (H) adalah istilah dalam sistem termodinamika yang menyatakan jumlah energi dari suatusistem termoinamika. Entalpi adalah kalor yang terlibat dalam suatu reaksi kimia pada kondisi tekanan tetap (Isobarik). Entalpi dinotasikan dengan huruf H yang merupakan huruf awal dari kata "Heat of Content."

Entalpi adalah suatu fungsi keadaan yang nilainya bergantung pada energi dalam (U), tekanan (P) dan Volume (V). Fungsi keadaan entalpi secara matematis dinyatakan dengan persamaan :

H = U  +  PV

Besar entalpi tidak dapat diukur, namur perubahan entalpi yang menyertai suatu reaksi dapat diukur dan dinyatakan dengan ΔH. Perubahan entalpi ini dinyatakan dengan persamaan berikut :

ΔH = ΔU + ΔPV

Jika reaksi berlangsung pada kondis tekanan tetap maka persamaan entalpi menjadi

ΔH = q

dengan q adalah kalor yang diserap atau dilepaskan oleh sistem pada tekanan konstan.

Dalam suatu reaksi kimia perubahan entalpi dapat dihitung berdasarkan energi ikatan dan entalpi pembentukan dari komponen-komponen pada reaktan dan produk yang dinyatakan dengan persamaan berikut :

aA  +  bB ⇒ cC

ΔH = ∑ ΔH produk – ∑ ΔH reaktan

atau

ΔH = ∑(Energi ikatan reaktan) – ∑ (Energi ikatan produk)

Pelajari lebih lanjut

Detail tambahan

Kelas : XI SMA

Mapel : Kimia

Materi : Termokimia

Kode : 11.7.2

Kata Kunci : Entalpi, energi ikatan, termodinamika, kalor