Apakah kelebihan dan kelemahan penggunaan cahaya maTahari ?​

Posted on

Apakah kelebihan dan kelemahan penggunaan cahaya maTahari ?​

Jawaban:

Kelebihan cahaya matahari:

Sel surya yang digunakan untuk pembangkit listrik tidak menyebabkan kebisingan. sedangkan generator atau turbin dari metode lain menyebabkan polusi suara.

Energi matahari tidak menyebabkan banyak polusi dibandingkan dengan metode pembangkit listrik lainnya seperti pembangkit listrik tenaga panas, pembangkit listrik tenaga nuklir, dan sebagainya.

Sel surya tidak terdiri dari bagian yang bergerak dan karenanya memerlukan sedikit pemeliharaan untuk operasinya.

Ini dapat digunakan di daerah terpencil untuk menghasilkan dan memanfaatkan daya di wilayah itu, di mana transmisi listrik terlalu mahal.

Energi matahari menawarkan keamanan energi dengan menghindari sistem tenaga umum di mana ada kemungkinan pencurian daya.

2.Kekurangan cahaya matahari:

Pembangkit Energi matahari sepenuhnya tergantung pada insiden sinar matahari pada panel surya dan yang pada gilirannya tergantung pada kondisi iklim.

Energi matahari dapat dimanfaatkan dalam periode terbatas karena sinar matahari hanya tersedia selama siang hari dan hari cerah; dengan demikian, daya hanya dapat dihasilkan dalam periode waktu terbatas dan daya harus disimpan dalam baterai untuk penggunaan nanti.

Baterai yang digunakan untuk menyimpan Energi matahari sangat mahal, berukuran besar dan perlu diganti dari waktu ke waktu.

Efisiensi sistem Energi matahari (konversi energi matahari menjadi energi listrik) sekitar 22% dan untuk meningkatkan ini, area yang luas diperlukan untuk menangkap lebih banyak cahaya matahari dan menghasilkan listrik yang memadai.

Semoga bermanfaat ☺️☺️