Berikut sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila sila kedua adalah

Posted on

A.gotong royong membersihkan rumah
B.menolong teman yang jatuh dari sepeda
C.mengembangkan sikap tenggang rasa
D.membantu korban bencana alam

jawab ya:)​

Berikut sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila sila kedua adalah

Jawaban

Sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila sila kedua adalah C. Mengembangkan sikap tenggang rasa.

Pembahasan

Nilai-nilai dalam Pancasila menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara bagi masyarakat Indonesia. Dengan mengamalkan Pancasila, masyaralat Indonesia yang memiliki keberagaman suku, budaya, serta agama, hingga kini dapat hidup saling berdampingan dengan rukun dan damai. Oleh sebab itu, kita harus tetap memelihara nilai-nilai Pancalisa untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman dan sejahtera.

Kelima sila dalam Pancalisa memiliki nilai masing-masing. Berikut nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancalisa :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Sila pertama memiliki nilai bahwa masyarakat Indonesia mengakui Tuhan adalah pencipta alam semesta. Sila ini juga menekankan bahwa kita harus saling menghormati antarumat beragama di Indonesia.

2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

Sila kedua mengakui adanya persamaan derajat antara sesama manusia sehingga setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama. Sikap tenggang rasa, saling mencintai sesama manusia, dan melakukan kegiatan kemanusiaan adalah bentuk pengamalan nilai sila kedua dalam masyarakat.

3. Persatuan Indonesia

Sila ketiga diwujudkan dengan rasa cinta terhadap tanah air dan rela berkorban bagi bangsa dan negara agar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tetap terjaga.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

sila keempat menjadi pedoman dalam upaya penyelesaian masalah yang terjadi di masyarakat. Penyelesaian masalah sebaiknya dilakukan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat dengan semangat kekeluargaan, serta mementingkan kepentingan bersama.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sila kelima mengharapkan agar masyarakat Indonesia tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan kepentingan umum. Setiap warga negara harus menghargai kerja keras orang lain untuk mewujudkan sikap kebersamaan.

Jawaban:

C. mengembangkan sikap tenggang rasa

Penjelasan:

maaf kalau salah