Wilayah Australia yang berada pada zona iklim sedang adalah​

Posted on

Wilayah Australia yang berada pada zona iklim sedang adalah​

Kota di Australia yang beriklim sedang yaitu?

Jawab:

Terdapat dua jenis iklim sedang di Australia, yakni iklim sedang dan lembab yang ada di daerah pantai Australia, termasuk di Tasmania dan Queenstown, dan iklim sedang yang lembab dan kering di Australia sebelah barat daya dan sebelah selatan. Iklim sedang dan lembab dijumpai di Australia sebelah timur di antara dataran tinggi dan pantai. Di daerah ini hujan turun sepanjang tahun dengan rata-rata antara 500 dan 1000 mm. Hujan turun lebih banyak di daerah dataran tinggi daripada di pantai. Pada musim panas, udara di daerah ini terasa panas dan pada musim dingin udaranya sejuk. Suhu tahunan rata-rata berkisar antara 10° dan 16°C. Di musim dingin biasanya salju turun di Pegunungan Salju. Keseluruhan daerah ini dulunya penuh dengan hutan. Sebagian dari hutan-hutan tersebut masih ada. Di tempat-tempat yang hutannya telah ditebang sekarang dijadikan pertanian dan daerah hunian. Di sepanjang pantai tersebut terdapat pertanian dan perkebunan intensif.

Iklim sedang yang lembab dan kering terdapat di dua daerah di Australia barat daya di sekitar Kota Perth dan di Australia Selatan dekat Kota Adelaide. Di musim panas udaranya sangat panas dan kering, dan di musim dingin udaranya sejuk dan turun hujan. Hujan tersebut terbawa angin yang berhembus dari barat sesudah menyeberangi Samudera Hindia dan Samudera Selatan. Suhu rata-rata tahunan daerah ini berkisar antara 16°C dan 21°C. Curah hujan tahunan adalah antara 250 dan 500 mm. Iklimnya disebut iklim Laut Tengah (Mediterranean) karena serupa dengan iklim yang ada di sekitar Laut Tengah tersebut. Tumbuh-tumbuhan di daerah ini yaitu schlerophyll. Kata schlerophyll berasal dari bahasa Yunani yang berarti berdaun kaku. Tumbuhan ini mempunyai daun yang tebal dan berminyak sehingga memungkinkannya bertahan hidup. Pada musim panas yang hawanya panas dan kering. Pertanian gandum, peternakan domba, dan tanaman anggur dan buah merupakan hal yang penting di sini.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kondisi iklim benua Australia dapat dilihat pada link berikut: brainly.co.id/tugas/3558168

Dan untuk mempelajari negara bagian Australia dapat dilihat pada link berikut: brainly.co.id/tugas/17172503

Kelas : SMA

Mata Pelajaran : IPS

Kategori : Bab 1 – Negara Maju dan Negara Berkembang

Kata Kunci : Iklim, Australia

Kode : 9.10.1

Jawaban:

iklim sedang yang lembab dan kering terdapat di dua daerah di Australia barat daya di sekitar Kota Perth dan di Australia Selatan dekat Kota Adelaide.

Penjelasan:

maaf klo salah , semoga membantu

jadikan jawaban yg terbaikk donggg