Ada beberapa bentuk akomodasi jelaskan dan berikan masing masing contohnya

Posted on

Ada beberapa bentuk akomodasi jelaskan dan berikan masing masing contohnya

Jawaban:

ada 7 bentuk akomodasi:

– koersi

Contoh koersi misalnya saat rentenir melakukan tindak paksaan dan ancaman agar sang peminjam dana segera melunasi hutangnya, sehingga permasalahan selesai.

– kompromi

Contoh kompromi misalnya saat partai A meminta jatah 5 kursi menteri pada presiden, namun dirasa terlalu banyak, setelah berkompromi disepakati bahwa partai A mendapat jatah 3 kursi menteri.

– arbitrase

Contoh arbitrase adalah saat menyelesaikan permasalahan sengketa harta waris menggunakan jalur pengadilan agar pembagian serta keputusan-keputusan yang dikeluarkan dapat disetujui bersama.

– mediasi

Contoh mediasi misalnya saat Indonesia yang pernah ditunjuk untuk menjadi pihak ketiga atau pihak penengah sekaligus sebagai penasihat dalam upaya penyelesaian pertikaian yang terjadi di Kamboja.

– konsiliasi

Contoh konsiliasi misalnya saat terjadi kerusuhan antara dua desa, maka kedua pihak saling bertemu dan membuat kesepatakan untuk meredakan perselisihan satu sama lain.

– toleransi

Contoh toleransi misalnya menghargai perbedaan antar umat beragama dengan memberikan penghormatan apabila salah satu umat beragama sedang menjalankan prosesi peribadatan.

– stalemate

Contoh stalemate misalnya saat perang dingin antara blok timur dan blok barat di Eropa, karena memiliki kekuatan yang sama, sehingga konflik mereda dengan sendirinya karena tidak ada yang membuat pergerakan.