Alat musik yg berasal dari sulawesi selatan​

Posted on

Alat musik yg berasal dari sulawesi selatan​

Jawaban:

  1. Jalapa
  2. Tolindo/Popondi
  3. Gendang Bulo
  4. Keso-Keso.
  5. Suling Lembang

Penjelasan:

  1. Jalappa (Jalapa) adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat ini berbentuk seperti Simbal yang terbuat dari logam kuningan. Tidak berlaku umum, alat musik ini dimainkan pada saat upacara adat tertentu. Nama alat musik tradisional Sulawesi Selatan mempunyai nama lain, yaitu dibeberapa daerah lebih dikenal dengan sebutan Kancing-Kancing karena bentuknya yang menyerupai Kancing berukuran besar.
  2. Selanjutnya adalah alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang dimainkan dengan cara dipetik. Memiliki bentuk unik, alat musik ini terbuat dari bahan kayu berbentuk busur yang bertumpu pada tempurung kelapa utuh.
  3. Alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang ini sama seperti Gendang pada umumnya yang tidak memiliki membran. Dimana alat musik klasik ini akan mengeluarkan suara bila ditepuk atau dipukul bagian kulitnya menggunakan telapak tangan.
  4. Alat musik Keso-keso merupakan alat musik tradisional Sulawesi Selatan. Ada persamaan dengan alat musik Rebab, akan tetapi jika alat musik Rebab bisa memiliki 3-4 dawai, Keso hanya memiliki 2 dawai saja.
  5. Alat musik khas tradisional yang termasuk berasal dari Sulawesi Selatan ini adalah sebuah alat musik tiup. Karena itu, cara memainkan alat musik Suling Lembang tidak jauh berbeda dengan Suling pada umumnya. Adapun yang membedakannya, Suling Lembang mempunyai ukuran sangat besar, yaitu dengan panjang 50 sampai 100 cm dan diameter 2 cm. Supaya bunyinya bervariasi, Suling lembang dilengkapi dengan lebih dari 8 lubang nada.

Jawaban:

Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) meliputi: Alosu, Anna Baccing, Jalappa atau Kancing Kancing, Kacaping atau Kecapi, Katto-katto, Kere-kere Gallang, Keso, Lalosu Sessungriu, Pa`pompang, Puik puik / Pui-pui, Popondi, Sessungriu.