Purwakanti dina kawih Jol

Posted on

Purwakanti dina kawih Jol

Jawaban:

Kawih adalah salahsatu jenis lagu yang ada dalam seni Sunda. Lagu Sunda Sabilulungan termasuk dalam jenis kawih. Dalam seni Sunda, ada beberapa jenis lagu, yaitu seperti kawih, kakawihan dan tembang. Jika dilihat dari liriknya, kawih, kakawihan dan tembang juga merupakan karya sastra bentuk puisi. Salah satu unsur keindahan yang ada dalam puisi Sunda, selain gaya bahasa dan mamanis/pemanis bahasa, adalah purwakanti.

Purwakanti adalah kedekatan atau persamaan suara akhir suku kata yang ada antar kata-kata yang ada dalam sebuah puisi, seperti kawih. Ada dua jenis purwakanti, yaitu yang disebut purwakanti rantayan dan purwakanti runtuyan. Purwakanti rantayan adalah purwakanti antar kata-kata yang ada dalam satu baris puisi. Sedangkan purwakanti runtuyan adalah purwakanti antar kata-kata yang ada antar baris-baris yang ada dalam puisi.

Di bawah ini adalah lirik dari kawih Sabilulungan. Dalam kawih Sabilulungan ada kata-kata yang memiliki purwakanti rantayan dan purwakanti runtuyan. Kata-kata yang satu dengan yang lainnya memiliki purwakanti, dalam bahasa Sunda disebut "murwakanti".

Sabilulungan

Sabilulungan, urang gotong-royong

Sabilulungan, urang silih rojong

Sabilulungan, genteng ulah potong

Sabilulungan, persatuan tembong

Tohaga, rohaka,

Rempug jukung ngabasmi pasalingsingan

Satia, sajiwa,

Rempug jukung ngabasmi pasalingsingan.

Kata-kata yang murwakanti rantayan yang ada dalam kawih Sabilulungan di atas ada pada bait kedua yaitu antara kata tohaga dengan kata rohaka, serta antara kata satia dan kata sajiwa. Sedangkaun kata-kata yang murwakanti runtuyan ada pada bait pertama, yaitu antara kata-kata gotong-royong, silih-rojong, ulah potong, dan persatuan tembong, serta ada pada bait kedua, yaitu antara kata rohaka dengan kata sajiwa, dan antara kata pasalingsingan baris kedua dengan kata pasalingsingan baris keempat.

SC : akun brainly ilukman

Penjelasan:

Semoga membantu yah (^o^)