Mengapa perbedaan sumber daya manusia di setiap negara dapat menjadi pendorong perdagangan internasional??

Posted on

Mengapa perbedaan sumber daya manusia di setiap negara dapat menjadi pendorong perdagangan internasional??

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

Perbedaan sumber daya manusia di setiap negara dapat menjadi pendorong perdagangan internasiolah, terdapat beberapa faktor yang mempengruhinya.

Penjelasan:

Perdagangan internasional adalah sebuah kegiatan jual beli antar negara – negara bisa satu dengan atau lebih dari satu negara yang melakukan jual beli. Meningkatkan pendapatan negara dan jika terjadi kesepakatan di lakukan untuk memenuhi kebutuhan masing – masing dari negara. faktor – faktor menjadi pendorong perdagangan internasional adalah :

  1. Ilmu pengetahuan dan teknologi, negara yang mempunyai ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju akan menghasilkan produ yang memiliki kualitas juali tinggi dan lebih bagus dari negara yang ilmu pengetahuan dan teknologinya rendah.
  2. Adanya perbedaan kekayaan sumber daya alam tiap negara, letak satu negara memiliki perbedaan wilayah secara geografis sehingga setiap negara mempunya sumber daya alam unggulan dimasing – masingnya seperti contoh Indonesia kaya akan tanaman padi,sedangkan arab kaya akan pohon kurmanya. Kekayaan sumber daya alam tersebut menjadi niai unggulan ketika terjadi proses perdagangan internasional.
  3. Selera, adanya perpedaan selera setiap negara dalam memilih pandanganya seperti politik, kebudayaan, pandangan hidup dan tatanan bermasyarakat juga mempengaruhi perdagangan internasional.
  4. Iklim, iklim di setiap negara berbeda – beda maka untuk memenuhi kebutuhan yang ada dengan iklim yang tidak sesuai negara tersebut harus melakukan impor melalui perdagangan internasional.
  5. Menambah keuntungan dan memperluas pasar, para pendiri perusahaan membuat produksi skala besar guna dipasarkan ke luar negeri.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang sumber daya manusia brainly.co.id/tugas/15182944

materi tentang pemahaman perdagangan internasional brainly.co.id/tugas/15443328

——————————————————

Detail jawaban

Kelas:  9 SMP

Mapel: IPS

Bab: Perdagangan Internasional

Kode: 9.10.7

Kata kunci: sumber daya manusia, perdagangan internasional