Cara meminimalisir teknologi komusikasi

Posted on

Cara meminimalisir teknologi komusikasi

Caranya membatasi penjualan smart phone di indonesia dan membatasi umur pengguna nya

Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam pendidikan, khusunya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang meakukan pembelajaran dengan TIK. Analisis untung riginya pemakaian.
Tidak menjadikan TIK sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload e-book, tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.
Pihak-pihak pengajar baik orang tua maupun guru, memberikan pengajaran-pengajaran etika ber-TIK agar TIK dapat dipergunakan secara optimal tanpa menghilangkan etika.
Pemerintah sebagai pengendali sistem-sistem informasi seharusnya lebih peka dan menyaring apa-apa saja yang dapat di akses oleh para pelajar dan seluruh rakyat Indonesia di dunia maya.
Jadi, solusinya adalah bagaimana kita memanfaatkan perkembangan teknologi secara bijak tanpa harus bersikap antipati terhadap perkembangan teknologi, namun juga tidak berlebihan dalam penggunaanya.