Jalur laut selebar 200 mil laut ke arah laut terbuka yang diukur dari garis dasar disebut????????? Tolong di komentari yah!!

Posted on

Jalur laut selebar 200 mil laut ke arah laut terbuka yang diukur dari garis dasar disebut????????? Tolong di komentari yah!!

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

Jalur laut selebar 200 mil laut ke arah laut terbuka yang diukur dari garis dasar disebut Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Pembahasan:  

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah perairan sejauh 200 mil laut dari garis dasar laut teritorial dan selain dari dengan laut teritorial itu sendiri yang berjarak sejauh 12 mil laut dari wilayah daratan suatu negara.

Dalam wilayah ZEE setiap negara memiliki:

–       Hak untuk mengeksplorasi, mengeksploitasi, melestarikan dan mengelola sumber daya alam, baik sumberdaya hayati seperti perikanan maupun mineral seperti minyak bumi, yang berada di dasar laut maupun di bawah tanah dan di perairan serta melakukankegiatan lain untuk eksploitasi ekonomi dan eksplorasi zona, seperti produksi Energi dari air, arus dan angin;

–       Yurisdiksi sebagaimana diatur dalam undang-undang internasional dan dalam negeri mengenai pendirian dan penggunaan pulau buatan, instalasi, dan struktur (misalnya kilang minyak), penelitian ilmiah kelautan, dan perlindungan dan pelestarian lingkungan laut;  

–       Hak dan kewajiban lain yang diatur dalam undang-undang internasional dan dalam negeri.

Kode: 6.10.2

Kelas: VI

Mata pelajaran: IPS

Materi: Bab 2 – Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial di Indonesia  

Kata kunci: Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)