Kalau sudah ada lembaga agama kenapa masih ada masyarakat Indonesia masih sering membeda-bedakan dan menghina agama orang lain ?​

Posted on

Kalau sudah ada lembaga agama kenapa masih ada masyarakat Indonesia masih sering membeda-bedakan dan menghina agama orang lain ?​

Jawaban:

Kalau sudah ada lembaga agama kenapa masih ada masyarakat Indonesia masih sering membeda-bedakan dan menghina agama orang lain?

Hal ini mungkin terjadi karena beberapa faktor

1.) Rendahnya literasi(budaya membaca) dan budaya mencari info yang valid.

– Orang kadang melakukan hal tersebut karena kebodohan dirinya, dan karena malasnya mencari kebenaran suatu berita, sehingga membuat orang tersebut berkomentar sembarangan.

2.) Baru mengenal Agama

– Minoritas orang Indonesia ada yang mengalami gejala mendadak agamis. Seseorang yang melihat sesuatu dan dirasa aneh dan tak sesuai dengan yang dia percaya, langsung memberikan tuduhan bahwa hal itu adalah salah.

3.) Kurangnya Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika, semboyan Indonesia. Berbeda-beda namun tetap satu jua. walaupun banyak perbedaan baik suku, bahasa, dan agama, kita semua tetaplah warga Indonesia. Namun kini semboyan ini hanyalah sebuah semboyan belaka. Karena kurangnya penerapan dan pemahaman oleh masyarakat.

Note

Lembaga agama hadir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, tapi tidak sepenuhnya bisa menjangkau seluruh masyarakat. seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki beragam agama,suku dan ras.

Sedangkan mungkin sumber daya manusia maupun finansial lembaga agama terbatas.

Wallahu a'lam.

Semoga Membantu.