Jelaskan dan berikan contoh setiap struktur dalam teks tanggapan kritis

Posted on

Jelaskan dan berikan contoh setiap struktur dalam teks tanggapan kritis

Jawaban Terkonfirmasi

Teks Tanggapan Kritis

Struktur :

– orientasi = gambaran umum tentang apa yang akan dibicarakan, atau pengantar menuju masalah yang akan dibicarakan.

contoh : 
Smartphone adalah sebuah alat komunikasi yang canggih. Alat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi,tetapi juga digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan,aktivitas,dan lain-lain.

– evaluasi = berisi pernyataan umum yang disampaikan oleh penulis mengenai konflik yang ada dalam teks.

contoh : 
Canggihnya smartphone membuat para remaja juga turut adil untuk menggunakannya. Menurut mereka smartphone adalah kehidupan mereka. Alat canggih ini sudah seakan-akan tidak bisa hilang dari kehidupan mereka.

– d
eskripsi/tafsiran = berisi tafsiran mengenai informasi data atau  pernyataan yang dapat mendukung  pendapat  maupun menyanggah suatu pendapat atau teori.

contoh : Namun,banyak orang tua yang tidak setuju anaknya menggunakan smartphone. Dengan alasan,smartphone belum terlalu penting bagi anak remajanya. Juga,smartphone di anggap membawa dampak negatif bagi remaja karena smartphone dapat digunakan untuk melihat situs-situs dewasa. 
Ada juga orang tua yang setuju anaknya menggunakan smartphone dengan smartphone dapat digunakan untuk mengakses aplikasi yang berbau pembelajaran. Dampak positif lainnya smartphone bisa digunakan untuk mencari teman-teman lama dan berkomunikasi jarak jauh.

Penegasan Ulang/kesimpulan = berisi tentang penekanan pendapat terhadap apa yang telah diputuskan dan dilakukan.

contoh : Sebaiknya kita memakai smartphone denagn cara yang baik,agar kita tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif dan juga dapat merugikan diri sendiri.