Jelaskan cara tumbuhnya sirih dari biji

Posted on

Jelaskan cara tumbuhnya sirih dari biji

A. Jangka Pendek 

—Sosialisasi dan penyiapan bibit yang dikembangkan secara bertahap, menyeluruh dan berkelanjutan melalui pola pengembangan desa-desa binaan. —Pembentukan assosiasi  pada tanggal 19 Juli 2012 dengan nama APPA NUSANTARA melalui rapat koordinasi para koordinator se Jateng, DIY, Jabar dan Jatim di Ngawen Kabupaten Klaten.

 

B. Jangka Menengah

Pengembangan tanaman sirih secara intensif di desa-desa binaan dengan pendampingan oleh koordinator di bawah koordinasi Assosiasi. Penanganan pasca panen oleh petani yang selanjutnya diorganisir oleh koordinator untuk dikirim ke tempat pemrosesan produksi (pabrik).

C. Jangka Panjang

—Kontinuitas  bahan baku dan standarisasi mutu hasil panen bahan baku. Daun Sirih merupakan tanaman yang tumbuh merambat dan bersandar pada batang pohon lain, tingginya dapat mencapai 5 – 15 m. Batang sirih berkayu lunak, berbentuk bulat, beruas-ruas, beralur-alur, berwarna hijau keabu-abuan. Daun sirih merupakan daun tunggal, tumbuh berseling. Pangkal daun berbenatuk jantung atau agak bundar asimetris, ujung daun runcing, tepi dan permukaan daun rata, pertulangan menyirip. Warna daun bervariasi, dari kuning, hijau sampai hijau tua. Daun sirih berbau aromatis.Bunga tersusun dalam bentuk bulir, merunduk, panjang 5 – 15 cm, sendiri-sendiri di ujung cabang dan di ketiak daun. Buahnya adalah buah buni, bulat, berdaging, berwarna kuning hijau, menyambung manjadi bulat panjang.