Berdasarkan teori evolusi orang menduga bahwa vertebrata darat yang pertama mungkin

Posted on

Berdasarkan teori evolusi orang menduga bahwa vertebrata darat yang pertama mungkin

Jawaban Terkonfirmasi

Berdasarkan teori evolusi orang menduga bahwa vertebrata darat yang pertama mungkin adalah reptile. Menurut teori evolusi makhluk hidup pertama terbentuk di air, kemudian amfibi memindahkan kehidupan air tersebut menuju darat berevolusi menjadi reptile.

Pembahasan

Evolusi merupakan perubahan makhluk hidup yang membutuhkan waktu sangat lama sampai jutaan tahun.

Pelajari lebih lanjut tentang evolusi di: brainly.co.id/tugas/21261272.

Beberapa tokoh evolusi yang terkenal antara lain Lamarck, Charles Darwin dan August Weismann. Berikut uraian singkat mengenai evolusi menurut ketiga tokoh tersebut.

Lamarck mengungkapkan bahwa evolusi terjadi karena adanya adaptasi terhadap lingkungan. Bentuk adaptasi yang dilakukan berupa perubahan organ yang kemudian langsung diwariskan ke keturunan selanjutnya. Pada teorinya, Lamarck mengungkapkan bahwa jerapah pada zaman dahulu semuanya berleher pendek, kemudian karena setiap hari menjulurkan leher untuk menjangkau daun dari pohon yang tinggi, maka kamudian leher jerapah jadi memanjang dan melahirkan anakan jerapah yang berleher panjang.

Charles Darwin mengungkapkan bahwa evolusi terjadi karena adanya adaptasi dan seleksi alam. Pada teorinya, Charles Darwin mengungkapkan bahwa pada zaman dahula jerapah ada yang berleher panjang ada yang berleher pendek, karena adanya kompetisi dalam memperebutkan makanan, maka jerapah leher pendek kalah bersaing kemudian mati dan punah sehingga tersisa jerapah leher panjang yang menang dan hidup sampai sekarang.

Pelajari lebih lanjut tentang teori evolusi Charles Darwin di: brainly.co.id/tugas/13840901.

August Weismann mengungkapkan bahwa evolusi terjadi karena adanya seleksi alam terhadap factor genetika dan perubahan organ tidak dapat langsung diwariskan ke keturunan selanjutnya.Menurut weismann perubahan sel tubuh karena pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan ke generasi berikutnya. Contoh paling tepat untuk teori tersebut adalah dua tikus ekor panjang yang diptong ekornya kemudian dikawinkan akan menghasilkan anakan tikus ekor panjang.

Beberapa bukti atau petunjuk evolusi antara lain:

  1. Adanya variasi individu dalam satu spesies, menunjukkan bahwa perubahan organisme berjalan mulai dari adanya variasi yang terjadi pada setiap individu dalam satu spesies.
  2. Pengaruh persebaran geografi, menunjukkan bahwa ketika organisme menyebar ke berbagai tempat dengan deografi yang berbeda, maka organisme tersebut akan dipengaruhi oleh lingkungan baru sehingga akan memicu perubahan pada tubuhnya sebagai  mekanisme adaptasi terhadap lingkungan barunya.
  3. Fosil, menunjukkan bahwa perkembangan organisme dari zaman bumi tertua sampai bumi termuda mengalami perubahan yang terekam lewat sisa tubuh organisme yang telah mati dan terawetkan secara alami. Fosil yang dapat dijadikan bukti evolusi yaitu fosil kuda, karena ditemukan utuh dan lengkap dari zaman bumi tertua sampai bumi termuda sehingga dapat dibandingkan secara keseluruhan perubahan apa yang terjadi dari generasi ke generasi.
  4. Homologi organ, yaitu beberapa organ yang memiliki persamaan struktur asal namun fungsinya berbeda, misalnya tangan manusia dengan sayap burung. Sedangkan kebalikan dari homologi yaitu analogi dimana organ yang fungsinya sama namun berasal dari struktur yang berbeda misalnya sayap burung dan sapay kupu-kupu.
  5. Embriologi perbandingan, yaitu membandingkan pertumbuhan dan perkembangan embrio dari berbagai vertebtara yang menunjukkan adanya kesamaan sehingga dapat mengacu pada teori bahwa semua vertebrata berasal dari nenek moyang yang sama.
  6. Sisa alat tubuh yang tak terpakai, misalnya tulang ekor, usus buntu, rambut dada yang lebat, gigi taring yang runcing, otot penggerak rambut dan lain sebagainya menunjukkan bahwa pada zama dahulu manusia mempunyai organ yang kemudian tidak dipakai sehingga bentuknya menyusut atau bahkan menghilang.

Pelajari lebih lanjut tentang petunjuk evolusi di: brainly.co.id/tugas/21104105.

Detil jawaban

Kelas: XII

Mapel: biologi

Bab: evolusi

Kode: 12.4.7