Kemampuan ekosistem untuk menyeimbangkan kondesi komponen yang ada didalamnya disebut….

Posted on

Kemampuan ekosistem untuk menyeimbangkan kondesi komponen yang ada didalamnya disebut….

Jawaban Terkonfirmasi

Kemampuan ekosistem untuk menyeimbangkan kondesi komponen yang ada didalamnya disebut kesimbangan ekosistem

Pembahasan  

Ekosistem adalah hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, diantaranya :

a. Ekosistem darat, ekosistem darat adalah suatu ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Ekosistem darat dapat diklasifikasikan menjadi beberap jenis berdasarkan letak geografis dan garis lintangnya :

1. Hutan hujan tropis, ekosistem hutan hujan tropis memiliki ciri-ciri diantaranya curah hujan cukup tinggi, pohon-pohonnya memiliki ketinggian antara 20 hingga 40 meter memiliki daun yang lebar, lebat dan selalu hijau sepanjang tang tahun. Hewan yang berada di hutan ini antara lain burung, serangga, macan tutul, monyet, kelelawar, babi, hutan, jaguar, dan lain sebagainya.

2. Padang rumput, ekosistem padang rumput memiliki ciri-ciri curah hujan pada ekosistem ini tergolong rendah dan tidak teratur, rumput yang tumbuh di wilayah ini kering dan pendek.

3. Gurun, curah hujan yang turun di daerah ini cenderung rendah, kelembapan udara rendah, dan terjadi perbedaan suhu yang signifikan antara siang dan malam.  

4. Tundra, di wilayah ini mengalami musim dingin yang cukup panjang yaitu sekitar 9 bulan, sedangkan musim panas berlangsung selama 3 bulan.

5. Hutan gugur, pada wilayah ini memiliki 4 musim, curah hujan juga merata di wilayah ini.

6. Tiagra, pada wilayah ini terjadi musim panas yang cukup panjang, sedangkan musim dingin di wilayah ini berlangsung rendah atau sebentar.

b. Ekosistem perairan atau akuatik, ekosistem yang komponen abiotiknya sebagian besar terdiri dari air. komponen perairan atau akuatik terdiri dari :

1. Danau, danau adalah cekungan besar yang digenangi air

2. Sungai, sungai adalah aliran air yang mengalir dengan debit yang besar.

3. Rawa, rawa adalah lokasi tanah yang bercampur dengan air sehingga menjadi lumpur.

Pelajari lebih lanjut  

1. Pengertian ekosistem brainly.co.id/tugas/1114666

2. Komponen ekosistem brainly.co.id/tugas/2368449

3. Pengertian keseimbangan ekosistem brainly.co.id/tugas/752547

Detail jawaban  

Kelas : 4

Mapel : Sains

Bab : Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Kode : 4.4.5

Kata Kunci : Ekosistem