Carilah arti Asmaul Husna berikut ini dan buatlah satu contoh perilaku yg menunjukan sifat Asmaul Husna tersebut! perilaku yg menunjukan asmaul Husna 1.As sami

Posted on

2.al Bashir
3.Al alim
4.al khabir
5.Ar Rahman
6.Ar Rokhim
7.al Ghofur
8.al Malik
9. Al aziz
10 Al qudus​

Carilah arti Asmaul Husna berikut ini dan buatlah satu contoh perilaku yg menunjukan sifat Asmaul Husna tersebut! perilaku yg menunjukan asmaul Husna 1.As sami

Jawaban:

As Sami' artinya maha mendengar

Allah mendengar, dengannya, Dia mengabulkan setiap doa dan permintaan hamba-hamba-Nya, menerima setiap amal soleh yang dilakukan hamba-hamba-Nya serta membalasnya dengan pahala

Al Bashir artinya maha melihat

dalam kehidupan sehari-hari kita, kita pernah melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah,tapi bukannya menjauhi perbuatan itu malah dilakukan, padahal Allah itu maha melihat,Allah tahu apa yang sedang kita lakukan sekarang, di manapun itu Allah tahu semuanya

Al Alim artinya maha mengetahui

Kita tidak bisa membohongi Allah karena Allah mengetahui apapun yang ada dalam hati, pikiran, maupun perkataan

"Baik kau rahasiakan perkataanmu atau kau nyatakan. Sungguh, Dia Maha Mengetahui segala isi hati," (Al-Mulk [67]: 13).

Al Khabir artinya maha teliti

Mengimani nama Allah Al-Khabir dapat dilakukan dengan melakukan sesuatu dengan teliti juga. Dengan waspada, cermat, teliti, maka hasil yang diperoleh akan maksimal dan memuaskan.

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yang berjihad di antara kamu dan tidak mengambil teman yang setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan," (At-Taubah [9]: 16).

Ar Rahman artinya maha pemurah

Barang siapa membaca surat Ar Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhoi nikmat yang dikaruniakan kepadanya." Hadits tersebut menjelaskan bahwa surat Ar Rahman dapat membuat orang di ridhoi oleh Allah atas nikmat apa saja yang telah diberikan-Nya kepada manusia.

Ar Rahiim artinya maha penyayang

Ar Rahim adalah nama bagi Dzat Allah dan juga merupakan salah satu sifat-Nya. Jika Ar Rahman adalah maha pengasih untuk semua makhluk, Ar Rahim adalah maha penyayang untuk hamba-Nya yang beriman.

Maha Penyayang Yang selalu tiada henti memberi kasih dan kebaikan kepada orang-orang yang beriman.

Al Ghaffar artinya maha pengampun

Asma’ Allah Al-Gaffar ini berarti mengandung makna bahwa Allah dengan kasih sayang-Nya dan anugerah-Nya yang sangat luas menutupi dan mengampuni semua perbuatan buruk dan dosa yang telah terjadi, asal hamba yang telah berdosa tersebut memohon ampunan kepada-Nya.

Al Malik artinya maha raja

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera. (Al-Hasyr: 23)

Ibnu Abbas, bahwa maliki yaumid din artinya "tiada seorang pun bersama-Nya yang memiliki kekuasaan seperti halnya di saat mereka (raja-raja) masih hidup di dunia pada hari pembalasan tersebut".

Ibnu Abbas, bahwa maliki yaumid din artinya "tiada seorang pun bersama-Nya yang memiliki kekuasaan seperti halnya di saat mereka (raja-raja) masih hidup di dunia pada hari pembalasan tersebut".Pada hakikatnya raja yang sesungguhnya adalah Allah Swt., seperti yang dinyatakan di dalam firman-Nya:

Al Aziz artinya maha perkasa

Sesungguhnya Aku adalah Allah, Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.” Secara bahasa, Al-Aziz artinya kekukuhan, kekuatan, dan kemantapan. Allah Al-Aziz artinya Allah Yang Maha Perkasa. Allah Maha mengalahkan siapapun yang menentang-Nya dan Dia tidak terkalahkan oleh siapapun.

Al Qudus artinya maha Suci

Allah Maha Suci atas segala sifat yang dapat dijangkau oleh indra, diduga oleh prasangka, dikhayalkan oleh imajinasi, atau apapun itu yang terlintas dalam benak manusia. Seluruh ciptaan-Nya baik di langit maupun di bumi senantiasa bertasbih pada-Nya.

Semoga bermanfaat:)