Tuliskan danjelaskan manfaat sayur salah satunya adalah sayur kol

Posted on

Tuliskan danjelaskan manfaat sayur
salah satunya adalah sayur kol

Jawaban:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Sudah tak perlu diragukan lagi, berbagai jenis sayuran termasuk kol adalah sumber serat yang bermanfaat untuk menunjang kerja sistem pencernaan.

Namun, jangan salah, dari 2 jenis serat yang ada, sayur kol tergolong ke dalam serat tidak larut air.

Serat dalam sayur kol tidak langsung bercampur dengan air saat masuk ke dalam tubuh, tetapi akan masuk dulu ke saluran pencernaan guna membantu mencerna makanan.

Menurut penelitian yang dimuat dalam World Journal of Gastroenterology, serat yang tidak larut air umumnya bekerja lebih baik dalam mencerna makanan dibandingkan serat larut air.

Serat tidak larut air juga dapat membantu melancarkan pergerakan kotoran di dalam usus guna mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

2. Menjaga fungsi jantung

Pada kol ungu terdapat senyawa antioksidan bernama anthocyanin yang diyakini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Hal tersebut turut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa memperbanyak asupan makanan dengan kandungan anthocyanin terbukti dapat menurunkan tekanan darah sekaligus risiko gangguan arteri koroner.

3. Mencegah kanker

Kandungan vitamin C yang tinggi pada sayur kubis tak hanya membantu memenuhi kebutuhan gizi harian saja, tetapi juga memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Radikal bebas sendiri adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel tubuh dan memicu berbagai penyakit, termasuk kanker.

Penjelasan:

Kubis, kol, kobis, atau kobis bulat adalah tanaman dua tahunan hijau atau ungu berdaun, ditanam sebagai tanaman tahunan sayuran untuk kepala padat berdaunnya. Erat kaitannya dengan tanaman cole lainnya, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis brussel, itu diturunkan dari B. oleracea var. oleracea, kubis lapangan liar.

Jawaban:

manfaat sayur sayuran antara lain untuk menyehatkan tubuh menjaga imun agar tetap kuat menjaga keseimbangan tubuh memberikan kita energi dan khasiat yang baik

berikut ini manfaat sayur kol ya:

-Melancarkan sistem pencernaan

-Menjaga fungsi jantung

-Mencegah kanker

-Menurunkan tekanan darah

-Menyehatkan otak

-Meredakan peradangan

– Membantu proses penyembuhan luka

Penjelasan:

semoga membantu

#jadikasebagaijawabanterbaik